Tuesday, October 8, 2019

PENGERTIAN, LATAR BELAKANG, TUJUAN IIS DAN IPS KONSEP DASAR IPS



MAKALAH
PENGERTIAN, LATAR BELAKANG, TUJUAN IIS DAN IPS

KONSEP DASAR IPS
Dosen Pembimbing :Dra. AriniEstiastuti, M.pd







DisusunOleh :
Kelompok 1
1.   Mohamad Yusuf             (1401418263)
2.   AdhitiyaDwiArianti        (1401418279)
3.   Istiqomah                                (1401418284)

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2018

KATA  PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kami dapat menyelesaikan tugas tentang Materi Psikologi Perkembangan ini dengan baik. Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini dan bimbingan yang telah diberikan kepada kami dalam menyelesaikan makalah untuk mata pelajaran Psikologi Perkembangan.
Meskipun telah berusaha dengan segenap kemampuan, kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih belum sempurna, sehingga kritik, koreksi, dan saran dari semua pihak untuk menyempurnakan makalah kami selanjutnya senantiasa akan  kami terima dengan tangan terbuka.


















DAFTAR ISI
KATA PENGANT…………………………………..……………….2
DAFTAR ……………………………………………………………..3

BAB I PENDAHULUAN...…………..….…………………………..4
A. Latar Belakang  ………………………...…………………………4
B. Rumusan Masalah …………………………....…………………...5
C. Tujuan …………………………………………………………….5

BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………5
A. Pengertian ilmu-ilmu social dan IPS……………….………..……5
B. Latar belakang ilmu-ilmu social dan IPS……………..…………..5
C. Tujuan ilmu-ilmu social dan IPS ………………………….……...6

BAB III PENUTUP …………..……………………………………..8
A.    Kesimpulan ………………………………..…………………...8
B.     Saran …………………………………………….………….…8
DAFTAR PUSTAKA…………………………….…………………8







BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakang
      Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah ilmu yang sangat penting bagi setiap umat manusia di dunia ini. Karena dengan ilmu-ilmu sosial manusia dapat berinteraksi dengan baik dan benar, sejak kita lahir di dunia ini secara tidak langsung kita sudah mempelajari ilmu-ilmu sosial secara tidak di sengaja dan tidak di sadari. Sejak kita lahir, kita sudah berada di tengah-tengah keluarga, maka kita diajari untuk berinteraksi terhadap sesama manusia dan saling menghargai antara yang satu dengan yang lain.
          Dengan ilmu sosial yang baik. Meskipun seseorang menguasai dengan baik ilmu eksak kan tetapi jika tidak  memiliki keterampilan sosial yang baik maka ilmunya tidak berarti apa-apa.

1.2   RumusanMasalah
1.     Apa pengertian ilmu-ilmu sosial dan IPS ?
2.     Apa latar belakang ilmu-ilmu sosial dan IPS ?
3.     Apa tujuan ilmu-ilmu sosial dan IPS ?
                                           

1.3   Tujuan
1.     Mengerti dan memahami pengertian ilmu-ilmu sosial dan IPS
2.     Mengenal konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
3.     Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.





BAB II

PEMBAHASAN


A.  Pengertian IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial.

1.   Pengertian IPS
  Ilmu pengetahuan sosial atau social studies merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Di Indonesia pelajaran ilmu pengetahuan sosial disesuaikan dengan berbagai perspektif sosial yang berkembang di masyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaiu lingkungan negara lain, baik yang ada dimasa sekarang maupun dimasa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan di bekali pengetahuan tentang masa lampau mat manusia.

2.   Pengertian IIS

Ilmu-ilmu sosial merupakan ilmu yang mempelajari tindakan-tindakan yang berlangsung dalam proses kehidupam dalam upaya menjelaskan mengapa manusia berperilaku seperti apa yang mereka lakukan. Setiap ilmu sosial merupakan suatu disiplin ilmu yang merupakan suatu batang tubuh atau struktur ilmu pengetahuan (body of knowledge atau structur of knowledge) tentang suatu bidang.
Ilmu-ilmu sosial terdiri dari cabang-cabang ilmu yang lain seperti ilmu antropologi, ilmu sosiologi, ilmu ekonomi, ilmu geografi, ilmu psikologi sosial dan ilmu politik.



B. Latar Belakang IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial

1.   Latar Belakang IPS
        Ide IPS berasal dari literature pendidikan Amerika Serikat. Nama asli IPS di  Amerika Serikat adalah social studies. Istilah tersebut pertama kali digunakan sebagai nama sebuah lembaga yang diberi nama committe  of social studies. Lembaga ini merupakan himpunan tenaga ahli yang berminat pada kurikulum ilmu-ilmu social di tingkat sekolah dan ahli-ahli ilmu social yang mempunyai minat yang sama. Dalam perkembangannya study social dimasukkan dalam kurikulum untuk dipelajari oleh peserta didik mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Secara lebih sfesifik study social mulai dimuat dalam kurikulum 1975 dengan nama ilmu pengetahuan social (IPS). IPS merupakan sebuah mata pelajaran yang dipelajari dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan tinggi pada jurusan atau program study tertentu. Pembahasan mengenai latar belakang lahirnya IPS akan dilihat dari dua aspek:


a.    Latar belakang sosiologis                  

Tinjauan terhadap latar belakang sosiologi difokuskan pada tempat lahirnya IPS yang pada awalnya bernama social studies. IPS dengan nama social studies pertama kali digunakan dalam kurikulum sekolah rugby di inggris pada tahun 1827. Dr. Thomas Arnold, direktur sekolah tersebut adalah orang pertama yang berjasa memasukkan IPS (social studies) kedalam kurikulum sekolah.
                                                      

b.    Latar belakang pedagogis

Lahirnya IPS di Indonesia dilatar belakangi oleh keinginan untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang bertanggung jawab, yang dapat mewujudkan kewajiban dan hak-haknya dalam kehidupan sehari-hari.

2.   Latar Belakang IIS

Ilmu-ilmu sosial lahir dari kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu. Ilmu-ilmu sosial lahir secara alami melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat. Perkembangan zaman yang terus bergulir diyakini membawa manusia sampai pada peradaban berpikir kritis dengan menggunakan kemampuan panca inderanya. Dengan perkembangan zaman tersebut perkembangan ilmu-ilmu sosial juga berkembang













C. Tujuan IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial       

1.   Tujuan IPS
          Ada beberapa tujuan pendidikan IPS yang menggambarkan bahwa pendidikan IPS merupakan bentuk pengetahuan, keterampilan, nilai, dansikap yang memungkinkan anak berpartisipasi dalam kelompoknya, baik itu keluarga, teman bermain, sekolah, masyarakat yang lebihluas, bangsa, dan Negara. Tujuan pendidikan ilmu social dikembangkan atas dasar pemikiran bahwa pendidikan ilmu-ilmu social dikembangkan atas dasar pemikiran suatu disiplin ilmu, sehingga tujuan pendidikan institusional menjadikan dasar pemikiran mengenai tujuan pendidikan ilmu sosial. 

          Tujuan utam apembelajaran IPS ialah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segalaketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat. 

          Di tingkat SD/MI, mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan:
1.     Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.     Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.     Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi ,  bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global. 
          Adapun tujuan pembelajaran menurut Susanto. A dalam Mutakin (1998) merumuskan tujuan pembelajaran IPS di sekolah, sebagai berikut : 
1.     Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melaluipemahamanterhadapnilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat. 
2.     Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang di adaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial. 
3.     Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat. 
4.     Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuatanalisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat. 
5.     Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat. 


2.   Tujuan  IIS
1.     Memahami dan menyadari adanya kenyataan kenyataan sosial dan masalah masalah sosial yang ada dalam masyarakat
2.     Peka terhadap masalah masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha usaha menanggulanginya
3.     Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis
4.     Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat





















BAB III

PENUTUP

          1.1 KESIMPULAN
          Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, IPS merupakan subsistem dan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari ilmu-ilmu sosial. IPS merupakan kajian/bidang studi yang mengambil fakta, konsep, prinsip dangeneralisasi dari ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan dan dikemas secara menarik untuk keperluan pendidikan. Ilmu-ilmu sosial yang di siapkan untuk keperluan pendidikan disekolah dasar dan menengah, dengan kata lain ilmu-ilmu social adalah induk ataudasar dari Ilmu Pendidikan Sosial (IPS).


1.2 SARAN

Demikianlah makalah yang kami buat semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang memba camakalah ini. Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukkan ke dalam hati.

Dan kami juga sangat mengharapkan yang membaca makalah ini akan bertambah motivasinya dan menggapai cita-cita yang di inginkan.
Sekian penutup dari kami semoga berkenan dihati dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.










DAFTAR PUSTAKA


Bukukonsepdasar IPS

Nisssabinggo.blogspot.com/latar-belakang-lahirnya-ips.html?m=1

Lalabudianti.blogspot.com/2011/12/kajian-ips-pada-tingkat-sekolah-dasar.html?m=1


https://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/
                                        

No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...