MAKALAH
PENGERTIAN, LATAR BELAKANG, TUJUAN IIS DAN IPS
KONSEP DASAR IPS
Dosen Pembimbing :Dra. AriniEstiastuti, M.pd
DisusunOleh
:
Kelompok
1
1. Mohamad
Yusuf (1401418263)
2. AdhitiyaDwiArianti (1401418279)
3. Istiqomah (1401418284)
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
TAHUN
2018
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa kami dapat menyelesaikan tugas tentang Materi Psikologi
Perkembangan ini dengan baik. Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak
yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini dan bimbingan yang telah diberikan
kepada kami dalam menyelesaikan makalah untuk mata pelajaran Psikologi
Perkembangan.
Meskipun telah berusaha dengan segenap
kemampuan, kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih belum sempurna,
sehingga kritik, koreksi, dan saran dari semua pihak untuk menyempurnakan makalah
kami selanjutnya senantiasa akan kami
terima dengan tangan terbuka.
DAFTAR ISI
KATA PENGANT…………………………………..……………….2
DAFTAR ……………………………………………………………..3
BAB I PENDAHULUAN...…………..….…………………………..4
A. Latar Belakang ………………………...…………………………4
B. Rumusan Masalah …………………………....…………………...5
C. Tujuan …………………………………………………………….5
BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………5
A. Pengertian ilmu-ilmu social dan IPS……………….………..……5
B. Latar belakang ilmu-ilmu social dan
IPS……………..…………..5
C. Tujuan ilmu-ilmu social dan IPS ………………………….……...6
BAB III PENUTUP …………..……………………………………..8
A.
Kesimpulan ………………………………..…………………...8
B.
Saran …………………………………………….………….…8
DAFTAR PUSTAKA…………………………….…………………8
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang
Ilmu
Pengetahuan
Sosial (IPS) adalah
ilmu yang sangat
penting
bagi
setiap
umat
manusia di dunia
ini.
Karena
dengan
ilmu-ilmu
sosial
manusia
dapat
berinteraksi
dengan
baik
dan
benar, sejak
kita
lahir di dunia
ini
secara
tidak
langsung
kita
sudah
mempelajari
ilmu-ilmu
sosial
secara
tidak
di
sengaja
dan
tidak
di
sadari.
Sejak
kita
lahir, kita
sudah
berada di
tengah-tengah keluarga, maka kita
diajari
untuk
berinteraksi
terhadap sesama manusia
dan
saling
menghargai
antara yang satu
dengan yang lain.
Dengan
ilmu
sosial yang baik.
Meskipun
seseorang
menguasai
dengan
baik
ilmu
eksak
kan
tetapi
jika
tidak memiliki keterampilan
sosial yang baik
maka
ilmunya
tidak
berarti
apa-apa.
1.2 RumusanMasalah
1. Apa pengertian ilmu-ilmu sosial dan IPS
?
2. Apa latar belakang ilmu-ilmu sosial dan IPS ?
3. Apa tujuan ilmu-ilmu sosial dan IPS
?
1.3 Tujuan
1. Mengerti dan memahami pengertian ilmu-ilmu sosial dan IPS
2. Mengenal konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
3. Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian IPS dan
Ilmu-Ilmu
Sosial.
1.
Pengertian IPS
Ilmu
pengetahuan sosial atau social studies merupakan pengetahuan mengenai segala
sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Di Indonesia pelajaran ilmu
pengetahuan sosial disesuaikan dengan berbagai perspektif sosial yang
berkembang di masyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan
dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan
siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaiu lingkungan negara lain, baik yang
ada dimasa sekarang maupun dimasa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang
mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan di bekali pengetahuan
tentang masa lampau mat manusia.
2. Pengertian IIS
Ilmu-ilmu sosial merupakan ilmu yang mempelajari tindakan-tindakan yang
berlangsung dalam proses kehidupam dalam upaya menjelaskan mengapa manusia
berperilaku seperti apa yang mereka lakukan. Setiap ilmu sosial merupakan suatu
disiplin ilmu yang merupakan suatu batang tubuh atau struktur ilmu pengetahuan
(body of knowledge atau structur of knowledge) tentang suatu bidang.
Ilmu-ilmu sosial terdiri dari cabang-cabang ilmu yang lain seperti ilmu
antropologi, ilmu sosiologi, ilmu ekonomi, ilmu geografi, ilmu psikologi sosial
dan ilmu politik.
B. Latar Belakang IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial
1.
Latar Belakang IPS
Ide
IPS berasal dari literature
pendidikan Amerika Serikat. Nama asli IPS di Amerika Serikat adalah
social studies. Istilah tersebut pertama
kali digunakan sebagai nama sebuah lembaga yang diberi nama committe of social studies. Lembaga ini merupakan himpunan tenaga ahli yang berminat pada kurikulum ilmu-ilmu social di tingkat sekolah dan ahli-ahli ilmu social yang mempunyai minat yang sama. Dalam perkembangannya study social dimasukkan dalam kurikulum untuk dipelajari oleh peserta didik mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Secara lebih sfesifik
study social mulai dimuat dalam kurikulum
1975 dengan nama ilmu pengetahuan
social (IPS). IPS merupakan sebuah mata pelajaran
yang dipelajari dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan tinggi pada jurusan atau
program study tertentu. Pembahasan mengenai latar belakang lahirnya
IPS akan dilihat dari dua aspek:
a.
Latar belakang sosiologis
Tinjauan terhadap latar belakang sosiologi difokuskan pada tempat lahirnya
IPS yang pada awalnya bernama social studies. IPS dengan nama social studies pertama kali digunakan dalam kurikulum sekolah rugby di inggris pada tahun
1827. Dr. Thomas Arnold, direktur sekolah tersebut adalah orang pertama yang berjasa memasukkan IPS (social studies) kedalam kurikulum sekolah.
b. Latar belakang pedagogis
Lahirnya IPS di Indonesia dilatar belakangi oleh
keinginan untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang
bertanggung jawab, yang dapat mewujudkan kewajiban dan hak-haknya dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Latar Belakang IIS
Ilmu-ilmu
sosial lahir dari kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu. Ilmu-ilmu sosial
lahir secara alami melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat.
Perkembangan zaman yang terus bergulir diyakini membawa manusia sampai pada
peradaban berpikir kritis dengan menggunakan kemampuan panca inderanya. Dengan
perkembangan zaman tersebut perkembangan ilmu-ilmu sosial juga berkembang
C. Tujuan IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial
1. Tujuan IPS
Ada
beberapa tujuan pendidikan IPS yang
menggambarkan bahwa pendidikan IPS merupakan bentuk pengetahuan, keterampilan,
nilai, dansikap yang memungkinkan anak berpartisipasi dalam kelompoknya, baik itu keluarga, teman bermain, sekolah,
masyarakat yang lebihluas, bangsa, dan Negara. Tujuan pendidikan ilmu social dikembangkan atas dasar pemikiran bahwa pendidikan ilmu-ilmu social dikembangkan atas dasar pemikiran suatu disiplin ilmu, sehingga tujuan pendidikan institusional menjadikan dasar pemikiran mengenai tujuan pendidikan ilmu sosial.
Tujuan utam apembelajaran IPS ialah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di
masyarakat, memiliki sikap
mental positif terhadap perbaikan segalaketimpangan yang
terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
Di
tingkat SD/MI, mata pelajaran
IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan:
1. Mengenal konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi , bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di
tingkat lokal,
nasional, dan global.
Adapun tujuan pembelajaran menurut Susanto. A dalam Mutakin (1998) merumuskan tujuan pembelajaran IPS di
sekolah, sebagai berikut
:
1. Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya,
melaluipemahamanterhadapnilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
2. Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang di adaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
3. Mampu menggunakan model-model dan
proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di
masyarakat.
4. Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuatanalisis yang
kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
5. Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.
2. Tujuan
IIS
1.
Memahami dan menyadari
adanya kenyataan kenyataan sosial dan masalah masalah sosial yang ada dalam
masyarakat
2.
Peka terhadap masalah
masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha usaha menanggulanginya
3.
Menyadari bahwa setiap masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mempelajarinya secara kritis
4.
Memahami jalan pikiran
para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan
mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
BAB III
PENUTUP
1.1 KESIMPULAN
Dari uraian
diatas
dapat
disimpulkan
bahwa, IPS merupakan
subsistem
dan
bagian yang tidak
dapat
dipisahkan
dari
ilmu-ilmu
sosial.
IPS merupakan
kajian/bidang
studi yang mengambil
fakta, konsep,
prinsip
dangeneralisasi
dari
ilmu-ilmu
sosial yang
disederhanakan dan dikemas
secara
menarik
untuk
keperluan
pendidikan.
Ilmu-ilmu
sosial yang di
siapkan
untuk
keperluan
pendidikan
disekolah
dasar
dan
menengah, dengan
kata lain ilmu-ilmu social adalah
induk
ataudasar
dari
Ilmu
Pendidikan
Sosial (IPS).
1.2
SARAN
Demikianlah makalah yang kami buat semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi
orang yang memba camakalah ini. Dan
penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukkan ke dalam hati.
Dan kami juga sangat mengharapkan
yang membaca makalah ini akan bertambah motivasinya dan menggapai cita-cita yang di inginkan.
Sekian penutup dari
kami semoga berkenan dihati dan
kami ucapkan terimakasih yang
sebesar-besarnya.
DAFTAR PUSTAKA
Bukukonsepdasar IPS
Nisssabinggo.blogspot.com/latar-belakang-lahirnya-ips.html?m=1
Lalabudianti.blogspot.com/2011/12/kajian-ips-pada-tingkat-sekolah-dasar.html?m=1
https://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-dan-tujuan-ilmu-sosial-dasar/
No comments:
Post a Comment