Thursday, October 10, 2019

Laporan Hasil Observasi t


Laporan Hasil Observasi Pengamatan Terhadap Kegiatan yang Dilakukan Siswa Kelas 3 dan Kelas 5 pada Saat Istirahat




LAPORAN HASIL OBSERVASI
PENGAMATAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SISWA KELAS 3 DAN KELAS 5 PADA SAAT ISTIRAHAT
DI SD NEGERI SODONG 02

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPS SD
Dosen Pengampu:  Drs. Susilo, M. Pd.


Disusun Oleh:

 NAMA         : MOHAMAD YUSUF
   NIM             : 1401418263
ROMBEL   : 12
Presensi      : 08


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2019


KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT yang  telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya sehingga mampu menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan IPS SD.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan selalu memberi dukungan, mereka adalah :
1.        Bapak Drs. Susilo, M. Pd., selaku dosen mata kuliah Pendidikan IPS SD yang telah memberikan bimbingan serta arahan dalam mengerjakan laporan ini.
2.        Kedua orang tua saya yang telah memberikan dukungan baik secara moral maupun material sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini.
3.        Teman-teman Rombel 12 yang telah memberikan dukungan serta bantuan.
4.        Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan laporan ini.
Saya sadar bahwa kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Sempurna, tetapi usaha maksimal telah saya lakukan dalam penulisan laporan ini. Kritik dan saran akan saya terima dengan tangan terbuka. Saya berharapsemoga laporan ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Serta dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Negeri Semarang.







         


                                                                                                                      Penyusun










DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................  i
KATA PENGANTAR .........................................................................................   ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................    iii
BAB I PENDAHULUAN .....................................................................................  1
1.1       Latar bakang ................................................................................................ 1
1.2       Rumusan Masalah ......................................................................................  3
1.3 Tujuan penulisan ..........................................................................................  5
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI ....................................  5
      2.1  Pelaksanaan Observasi.................................................................................. 5
      2.2 Hasil Observasi............................................................................................... 5
BAB III ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI ........................................ 6
      3.1    Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3 dan Kelas 5 .......................................... . 6
      3.2     perbedaan kegiataan siswa kelas 3 dan kelas 5 .......................................  8
  3.3 Salah satu contoh kegiatan yang yang sesuai dengan KD………………  8
BAB IV PENUTUP .............................................................................................  10
4.1      Simpulan ...................................................................................................  10
4.2       Saran .........................................................................................................  10
DAFTAR PUSTAKA ..........................................................................................  12
LAMPIRAN-LAMPIRAN ................................................................................... 13





  

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) merupakan pelajaran yang sangat penting bagi semua orang termasuk peserta didik yang masih berada dalam pendidikan dasar. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk menjadi masyarakat yang peka terhadap masalah-masalah yang ada dilingkungannya dan diajak untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada dalam masyarakat
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan analisis, serta melakukan tindakan nyata  terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan dan mampu menemukan  solusi dari permasalahan yang ada dalam masyarakat sekitar.

B.     Rumusan Masalah

1.   Apa sajakah kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02?
2.      Bagaimana perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02?
3.      Bagaimana menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut?




C.    Tujuan Penulisan
            Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02.
2.      Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02.
3.      Untuk menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut.








  
BAB II
PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI

A.    Pelaksanaan Observasi
Hari, tanggal               :           Senin, 15 April 2019
Waktu                         :           09.00 – 09.20 (waktu istirahat)
Nara Sumber               :           Siswa kelas 3 dan kelas 5       
Nama Sekolah             :           SD Negeri Sodong 02
Alamat Sekolah           :           Dk. Silegok Ds. Sodong Wonotunggal, Batang

B.     Hasil Observasi
Pengamatan atau observasi dilaksanakan pada hari Senin, 15 April 2019 pada pukul 09.00-09.20 (waktu istirahat) di SD N Sodong 02. Pengamatan atau observasi ini dilaksanakan di kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat. Adapun tujuan dari observasi ini yaitu untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02, serta kaitannya dengan Standar Komptensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut.
            Setelah bel istirahat berbubunyi siswa-siswa keluar secara tertib setelah guru mereka keluar, adapun yang dilakukan kelas V, mereka keluar setelah menjawab pertannyaan dari guru yang memberikan quiz. Jadi yang bisa menjawab pertannyaan mereka boleh keluar terlebih dahulu sedangkan yang belum bisa menjawab mereka belum diperbolehkan keluar kelas. Setalah mereka keluar kelas mereka melakukan kegiatan mereka masing-masing ada yang main bola, membeli ciki-ciki, membeli cilung, membeli minum, membeli es, becerita, bergerombol, berjalan-jalan di lingkungan sekolah dan duduk bersama teman-temannya.


BAB III
ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI


3.1 kegitan yang dilakukan kelas 3 dan kelas 5 saat istirahat

A.    Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N Sodong 02 meliputi:

1.      Membeli jajan
Setelah bel istirahat berbunyi siswa kelas 3 keluar kelas danlangsung membeli jajan di kantin sekolah. Mereka keluar kelas secara tertib dan teratur. Mereka membeli jajan secara bersama-sama, untuk laki-laki membeli jajan bersama teman laki-lakinya, sedangkan perempuan juga membeli jajan bersama teman-teman perempuannya. Mereka membeli cilung, ciki-ciki, es teh, dan duku.
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan seperti jajan, maka siswa dapat memahami kegiatan jual beli yang dilakukan di lingkungan sekolah. Selain itu juga siswa dapat mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan, seperti saat istirahat para siswa memenuhi kebutuhannya untuk jajan.

2.      Berdiskusi
Setelah membeli jajan anak-anak laki-laki kelas 3 kembali kedalam kelas dan memakan jajan yang telah mereka beli. Ada yang memakan jajan dengan berdiri adapula yang memakan jajannya dengan duduk, namun kebanyakan dari mereka makan dengan duduk. Mereka memakan jajannya diselimgi dengan diskusi. Mereka membicarakan kegiatan yang akan mereka lakukan nanti siang selain itu mereka juga membicarakan tentang negara-negara ASEAN. Sedangkan murid-murid perempuan kelas 3 mereka tidak langsung menuju ke dalam kelas melainkan mereka memakan jajannya di luar kelas. Mereka memakan jajan dengan berbicara dengan sesama teman perempuan. Mereka berbicara sambil bercanda dan mereka terlihat sangat akrab satu sama lain.
maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat dari kerjasama. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka dapat mendukung tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar.

3.      Bermain bola
Pada saat istirahat ada pula siswa yang bermain sepakbola. Mereka hanya main-main saja dan tidak serius untuk bertanding. Namun tidak semua ikut bermain sepakbola. Mereka hanya bermain sekitar 5 menit karena lapangan akan digunakan oleh kelas 5 dan kelas 6 untuk bertanding.
Kegiatan kerja sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di pembelajaran IPS SD. Dengan melakukan kegiatan kerjasama maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat dari kerjasama. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

B.     Analisis Kegiatan Siswa Kelas 5
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana meliputi:

1.      Membeli Jajan
Setalah bel istirahat berbunyi tidak semua murid kelas 5 lamgsung keluar kelas. Karena sebelum keluar kelas mereka diberi pertannyaan oleh guru mereka dan yang bisa menjawab pertannyaan bisa istirahat terlebih dahulu, sedangkan yang belum bisa menjawab belum boleh keluar dan menunggu bisa menjawab maupun menunggu quiz selesai. Setelah mereka keluar mereka menunggu teman mereka terlebih dahulu untuk membeli jajan. Adapun jajan yang mereka beli antara lain ciki-ciki, cilung, es dan buah duku.
siswa dapat mengenal dan memahami jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi yang dilakukan di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

2.      Bermain Sepakbola
Pada saat jam istirahat ada 3 anak kelas 5 dan 3 anak kelas 6 yang bermain bola. Mereka bertanding dengan 3 vs 3 pemain. Dengan bermain sepakbola mereka diajarkan untuk bermain sportive, melatih kerjasama tim, melatih merancang strategi dan berlatih untuk bekerja keras agar bisa menang dalam sebuah pertandingan.

3.       Bercerita
Saat jam istirahat murid yang sudah membeli jajan kemudian duduk di depan kelas dan bercerita. Mereka banyak bercerita tentang kegiatan yang akan mereka lakukan dan terkadang mereka bersendagurau. Kegiatan ini melatih mereka berpendapat da menghargai pendapat orang lain serta melatih kebersamaan
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan atlas dan globe, maka siswa dapat menganal dan mengetahui kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesiadengan menggunakan atlas dan globe. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat tercapai dengan baik.
3.2 perbedaan kegiatan yang dilakukan kelas 3 dengan kelas 5 saat istirahat

Selama istirahat kegiatan yang dilakukan kelas 3 dan kelas 5 ada yang sama dan ada yang berbeda. Adapun perbedaan dari kegiatan kelas 3 dan kelas 5 adalah sebagai berikut:

Tabel perbedaan kegiatan kelas 3 dan kelas 5 saat istirahat

No.
Kelas 3
Kelas 5
1.
Setelah jam istirahat langsung keluar kelas
Setelah bel istirahat tidak langsung keluar tapi menunggu bisa menjawab quiz.
2.
Laki-laki dan perempuan tidak berkumpul bersama di dalam kelas.
Laki-laki dan perempuan berkumpul di depan kelas 5.
3.
Laki-laki berkumpul dan bercerita di dalam kelas.
Laki-laki dan perempuan berkumpul dan bercerita di depan ruang kelas 5.
4.
Perempuan berkumpul di dekat penjual dan tidak mendekati kelas.
Perempuan berkumpul di depan kelas bersama dengan laki-laki.

3.3 Salah satu contoh kegiatan yang yang sesuai dengan KD
A. kegiatan kelas 3

1.      Membeli jajan
Setelah bel istirahat berbunyi siswa kelas 3 keluar kelas danlangsung membeli jajan di kantin sekolah. Mereka keluar kelas secara tertib dan teratur. Mereka membeli jajan secara bersama-sama, untuk laki-laki membeli jajan bersama teman laki-lakinya, sedangkan perempuan juga membeli jajan bersama teman-teman perempuannya. Mereka membeli cilung, ciki-ciki, es teh, dan duku.
Kegiatan membeli jajan yang dilakukan siswa kelas 3 sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 semester 2. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
2.3  Memahami kegiatan jual beli di lingkungan sekolah.
2.5  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan seperti jajan, maka siswa dapat memahami kegiatan jual beli yang dilakukan di lingkungan sekolah. Selain itu juga siswa dapat mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan, seperti saat istirahat para siswa memenuhi kebutuhannya untuk jajan.

B. Kegiatan kelas 5

1. Bercerita
Saat jam istirahat murid yang sudah membeli jajan kemudian duduk di depan kelas dan bercerita. Mereka banyak bercerita tentang kegiatan yang akan mereka lakukan dan terkadang mereka bersendagurau. Kegiatan ini melatih mereka berpendapat da menghargai pendapat orang lain serta melatih kebersamaan
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar Kometensi
Kompetensi Dasar
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.3  Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan atlas dan globe, maka siswa dapat menganal dan mengetahui kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesiadengan menggunakan atlas dan globe. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat tercapai dengan baik.

BAB V
PENUTUP

A.    Simpulan
1.      Kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N Sodong 02 meliputi: membeli jajan, bermain sepeda, berdiskusi. Sedangkan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 5 di SD N Sodong 02saat istirahat meliputi: membeli jajan, bermain sepakbola, belajar, membaca, dan berdiskusi.
2.      Perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02yaitu pada saat membeli jajan pada siswa kelas 3 sd langsung memakan jajannya, bahkan ada yang sambil jalan., Sedangkan pada siswa kelas 5 mereka memakan jajannya dengan duduk, entah itu duduk didepan kelas maupun duduk ditaman.
3.      Menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut, misalnya membeli jajan. Kegiatan tersebut sesuai dan relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas 3 dan kelas 5. Untuk kelas 3 relevan dengan SK: 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.

B.     Saran
1. proses pendidikan merupakan proses yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Dalam proses pembelajaran peserta didik harus selalu mendapat bimbingan dari pendidik. Guru memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran di penddikan formal, guru harus bisa membimbing peserta didik agar perkembangan yang dialami murid-murid sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru juga harus menjadi teladan yang baik untuk murid-muridnya karena karakteristik anak SD mudah meniru apa yang dilihatnya terutama guru yang mengajarnya.
2.      Setiap pendidik memiliki kewajiban untuk menanamkan akhlak baik dan peka terhadap lingkungan sekitar bagi peserta didik. Sebagai pendidik guru harus memiliki kwalitas yang bermutu. Kwalitas yang dimiliki pendidik akan berpengaruh terhadap kwalitas anak didiknya. Penggunaan teori pembelajaran untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas harus melihat pada kondisi-kondisi tertentu, seperti peserta didik, materi pembelajaran, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran memberikan makna bagi perubahan perilaku peserta didik. Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan kemapuan kognitif siswa, tetapi juga mampu mendorong perkembangan afektif dan psikomotorik siswa.






DAFTAR PUSTAKA




























LAMPIRAN

















Batang. 15 April 2019



Mengetahui




    Pembuat laporan                                                                                Kepala SDN Sodong 02                                                                                                                 




MOHAMAD YUSUF                                                                                            WIYANA, S.Pd.
   NIM 1401418263                                                                            NIP. 19620120 19608 1 001                                                                                                                                     


No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...