Laporan Hasil Observasi
Pengamatan Terhadap Kegiatan yang Dilakukan Siswa Kelas 3 dan Kelas 5 pada Saat
Istirahat
LAPORAN HASIL OBSERVASI
PENGAMATAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SISWA KELAS 3 DAN KELAS 5
PADA SAAT ISTIRAHAT
DI SD NEGERI SODONG 02
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan IPS SD
Dosen Pengampu: Drs. Susilo, M. Pd.
Disusun Oleh:
NAMA
: MOHAMAD YUSUF
NIM
: 1401418263
ROMBEL : 12
Presensi
: 08
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya sehingga mampu
menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan IPS SD.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih
kepada pihak-pihak yang telah membantu dan selalu memberi dukungan, mereka
adalah :
1. Bapak Drs. Susilo, M. Pd., selaku dosen mata
kuliah Pendidikan IPS SD yang telah memberikan bimbingan serta arahan
dalam mengerjakan laporan ini.
2. Kedua orang tua saya yang telah memberikan dukungan baik
secara moral maupun material sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini.
3. Teman-teman Rombel 12 yang telah memberikan dukungan serta
bantuan.
4. Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan
laporan ini.
Saya sadar bahwa kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha
Sempurna, tetapi usaha maksimal telah saya lakukan dalam penulisan laporan ini.
Kritik dan saran akan saya terima dengan tangan terbuka. Saya berharap, semoga
laporan ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk
pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Serta
dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada
pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Negeri Semarang.
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ............................................................................................. i
KATA
PENGANTAR .........................................................................................
ii
DAFTAR
ISI ....................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN .....................................................................................
1
1.1
Latar bakang ................................................................................................
1
1.2
Rumusan
Masalah ...................................................................................... 3
1.3 Tujuan
penulisan ..........................................................................................
5
BAB
II PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI ....................................
5
2.1 Pelaksanaan
Observasi..................................................................................
5
2.2
Hasil Observasi...............................................................................................
5
BAB
III ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI ........................................ 6
3.1 Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3 dan Kelas 5 .......................................... . 6
3.2 perbedaan kegiataan siswa kelas 3 dan kelas 5 ....................................... 8
3.3 Salah satu contoh kegiatan yang yang
sesuai dengan KD……………… 8
BAB
IV
PENUTUP ............................................................................................. 10
4.1 Simpulan ................................................................................................... 10
4.2 Saran ......................................................................................................... 10
DAFTAR
PUSTAKA .......................................................................................... 12
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...................................................................................
13
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) merupakan pelajaran yang sangat
penting bagi semua orang termasuk peserta didik yang masih berada dalam pendidikan
dasar. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang
berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat
materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS,
peserta didik diarahkan untuk menjadi masyarakat yang peka terhadap
masalah-masalah yang ada dilingkungannya dan diajak untuk mencari solusi dari
permasalahan yang ada dalam masyarakat
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi
tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan
setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan
pengetahuan, pemahaman, kemampuan analisis, serta melakukan tindakan nyata terhadap kondisi sosial masyarakat dalam
memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif,
dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam
kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik
akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan
dan mampu menemukan solusi dari
permasalahan yang ada dalam masyarakat sekitar.
B. Rumusan Masalah
1. Apa sajakah kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5
pada saat istirahat di SD N Sodong 02?
2. Bagaimana perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa
kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02?
3. Bagaimana menganalisis salah satu contoh kegiatan yang
dilakukan siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar (KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah
sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3
dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02.
2. Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan kegiatan yang
dilakukan siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02.
3. Untuk menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan
siswa pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
(KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut.
BAB II
PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI
A. Pelaksanaan Observasi
Hari,
tanggal : Senin,
15 April 2019
Waktu : 09.00
– 09.20 (waktu istirahat)
Nara
Sumber : Siswa
kelas 3 dan kelas 5
Nama
Sekolah : SD
Negeri Sodong 02
Alamat
Sekolah : Dk.
Silegok Ds. Sodong Wonotunggal, Batang
B. Hasil Observasi
Pengamatan atau observasi dilaksanakan pada hari Senin, 15
April 2019 pada pukul 09.00-09.20 (waktu istirahat) di SD N Sodong 02. Pengamatan
atau observasi ini dilaksanakan di kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat.
Adapun tujuan dari observasi ini yaitu untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan
siswa kelas 3 dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02, serta
kaitannya dengan Standar Komptensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan
kegiatan tersebut.
Setelah bel istirahat berbubunyi
siswa-siswa keluar secara tertib setelah guru mereka keluar, adapun yang
dilakukan kelas V, mereka keluar setelah menjawab pertannyaan dari guru yang memberikan
quiz. Jadi yang bisa menjawab pertannyaan mereka boleh keluar terlebih dahulu
sedangkan yang belum bisa menjawab mereka belum diperbolehkan keluar kelas.
Setalah mereka keluar kelas mereka melakukan kegiatan mereka masing-masing ada
yang main bola, membeli ciki-ciki, membeli cilung, membeli minum, membeli es,
becerita, bergerombol, berjalan-jalan di lingkungan sekolah dan duduk bersama
teman-temannya.
BAB III
ANALISIS/PEMBAHASAN OBSERVASI
3.1 kegitan
yang dilakukan kelas 3 dan kelas 5 saat istirahat
A. Analisis Kegiatan Siswa Kelas 3
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa
kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N Sodong 02 meliputi:
1. Membeli jajan
Setelah bel istirahat berbunyi siswa kelas 3 keluar kelas
danlangsung membeli jajan di kantin sekolah. Mereka keluar kelas secara tertib
dan teratur. Mereka membeli jajan secara bersama-sama, untuk laki-laki membeli
jajan bersama teman laki-lakinya, sedangkan perempuan juga membeli jajan
bersama teman-teman perempuannya. Mereka membeli cilung, ciki-ciki, es teh, dan
duku.
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan
kegiatan seperti jajan, maka siswa dapat memahami kegiatan jual beli yang
dilakukan di lingkungan sekolah. Selain itu juga siswa dapat mengenal
penggunaan uang sesuai kebutuhan, seperti saat istirahat para siswa memenuhi
kebutuhannya untuk jajan.
2. Berdiskusi
Setelah membeli jajan anak-anak laki-laki kelas 3 kembali
kedalam kelas dan memakan jajan yang telah mereka beli. Ada yang memakan jajan
dengan berdiri adapula yang memakan jajannya dengan duduk, namun kebanyakan
dari mereka makan dengan duduk. Mereka memakan jajannya diselimgi dengan
diskusi. Mereka membicarakan kegiatan yang akan mereka lakukan nanti siang
selain itu mereka juga membicarakan tentang negara-negara ASEAN. Sedangkan
murid-murid perempuan kelas 3 mereka tidak langsung menuju ke dalam kelas
melainkan mereka memakan jajannya di luar kelas. Mereka memakan jajan dengan
berbicara dengan sesama teman perempuan. Mereka berbicara sambil bercanda dan
mereka terlihat sangat akrab satu sama lain.
maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat
dari kerjasama. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka dapat mendukung
tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar.
3. Bermain bola
Pada saat istirahat ada pula siswa yang bermain sepakbola.
Mereka hanya main-main saja dan tidak serius untuk bertanding. Namun tidak
semua ikut bermain sepakbola. Mereka hanya bermain sekitar 5 menit karena
lapangan akan digunakan oleh kelas 5 dan kelas 6 untuk bertanding.
Kegiatan kerja sama ini sesuai dengan Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar di pembelajaran IPS SD. Dengan melakukan kegiatan kerjasama
maka siswa dapat mengetahui apa itu kerjasama, apa manfaat dari kerjasama.
Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar
dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
B. Analisis Kegiatan Siswa Kelas 5
Berdasarkan data hasil observasi, telah diketahui bahwa
kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di SD N 1 Mergasana
meliputi:
1. Membeli Jajan
Setalah bel istirahat berbunyi tidak semua murid kelas 5
lamgsung keluar kelas. Karena sebelum keluar kelas mereka diberi pertannyaan
oleh guru mereka dan yang bisa menjawab pertannyaan bisa istirahat terlebih
dahulu, sedangkan yang belum bisa menjawab belum boleh keluar dan menunggu bisa
menjawab maupun menunggu quiz selesai. Setelah mereka keluar mereka menunggu
teman mereka terlebih dahulu untuk membeli jajan. Adapun jajan yang mereka beli
antara lain ciki-ciki, cilung, es dan buah duku.
siswa dapat mengenal dan memahami jenis-jenis usaha dan
kegiatan ekonomi yang dilakukan di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan
tersebut maka standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam pembelajaran dapat
tercapai dengan baik.
2. Bermain Sepakbola
Pada saat jam istirahat ada 3 anak kelas 5 dan 3 anak kelas
6 yang bermain bola. Mereka bertanding dengan 3 vs 3 pemain. Dengan bermain
sepakbola mereka diajarkan untuk bermain sportive, melatih kerjasama tim,
melatih merancang strategi dan berlatih untuk bekerja keras agar bisa menang
dalam sebuah pertandingan.
3. Bercerita
Saat jam istirahat murid yang sudah membeli jajan kemudian
duduk di depan kelas dan bercerita. Mereka banyak bercerita tentang kegiatan
yang akan mereka lakukan dan terkadang mereka bersendagurau. Kegiatan ini
melatih mereka berpendapat da menghargai pendapat orang lain serta melatih
kebersamaan
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan
berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan atlas dan globe, maka siswa dapat menganal dan mengetahui
kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesiadengan
menggunakan atlas dan globe. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar
kompetensi dan kompetensi dasar dapat tercapai dengan baik.
3.2
perbedaan kegiatan yang dilakukan kelas 3 dengan kelas 5 saat istirahat
Selama istirahat kegiatan yang dilakukan kelas 3 dan kelas 5
ada yang sama dan ada yang berbeda. Adapun perbedaan dari kegiatan kelas 3 dan
kelas 5 adalah sebagai berikut:
Tabel perbedaan kegiatan kelas 3 dan kelas 5 saat istirahat
No.
|
Kelas
3
|
Kelas
5
|
1.
|
Setelah jam istirahat langsung
keluar kelas
|
Setelah bel istirahat tidak langsung
keluar tapi menunggu bisa menjawab quiz.
|
2.
|
Laki-laki dan perempuan tidak
berkumpul bersama di dalam kelas.
|
Laki-laki dan perempuan berkumpul
di depan kelas 5.
|
3.
|
Laki-laki berkumpul dan bercerita
di dalam kelas.
|
Laki-laki dan perempuan berkumpul
dan bercerita di depan ruang kelas 5.
|
4.
|
Perempuan berkumpul di dekat
penjual dan tidak mendekati kelas.
|
Perempuan berkumpul di depan kelas
bersama dengan laki-laki.
|
3.3 Salah satu contoh kegiatan yang yang sesuai dengan KD
A. kegiatan kelas 3
1. Membeli
jajan
Setelah bel istirahat berbunyi siswa kelas 3 keluar kelas
danlangsung membeli jajan di kantin sekolah. Mereka keluar kelas secara tertib
dan teratur. Mereka membeli jajan secara bersama-sama, untuk laki-laki membeli
jajan bersama teman laki-lakinya, sedangkan perempuan juga membeli jajan
bersama teman-teman perempuannya. Mereka membeli cilung, ciki-ciki, es teh, dan
duku.
Kegiatan membeli jajan yang dilakukan siswa kelas 3 sesuai
dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam pembelajaran IPS SD kelas
3 semester 2. Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan
dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
2.3 Memahami kegiatan jual
beli di lingkungan sekolah.
2.5 Mengenal penggunaan uang
sesuai dengan kebutuhan.
|
Berkaitan dengan pembelajaran IPS SD, dengan melakukan
kegiatan seperti jajan, maka siswa dapat memahami kegiatan jual beli yang
dilakukan di lingkungan sekolah. Selain itu juga siswa dapat mengenal
penggunaan uang sesuai kebutuhan, seperti saat istirahat para siswa memenuhi
kebutuhannya untuk jajan.
B. Kegiatan
kelas 5
1. Bercerita
Saat jam istirahat murid yang sudah membeli jajan kemudian
duduk di depan kelas dan bercerita. Mereka banyak bercerita tentang kegiatan
yang akan mereka lakukan dan terkadang mereka bersendagurau. Kegiatan ini
melatih mereka berpendapat da menghargai pendapat orang lain serta melatih
kebersamaan
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan
dengan kegiatan tersebut yaitu:
Standar
Kometensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan
alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
Dalam pembelajaran IPS SD, dengan melakukan kegiatan
berdiskusi mengenai materi tentang pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan atlas dan globe, maka siswa dapat menganal dan mengetahui
kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesiadengan
menggunakan atlas dan globe. Dengan melakukan kegiatan tersebut maka standar
kompetensi dan kompetensi dasar dapat tercapai dengan baik.
BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
1. Kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3 pada saat istirahat di
SD N Sodong 02 meliputi: membeli jajan, bermain sepeda, berdiskusi. Sedangkan
kegiatan yang dilakukan siswa kelas 5 di SD N Sodong 02saat istirahat meliputi:
membeli jajan, bermain sepakbola, belajar, membaca, dan berdiskusi.
2. Perbedaan-perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa kelas 3
dan kelas 5 pada saat istirahat di SD N Sodong 02yaitu pada saat membeli jajan
pada siswa kelas 3 sd langsung memakan jajannya, bahkan ada yang sambil jalan.,
Sedangkan pada siswa kelas 5 mereka memakan jajannya dengan duduk, entah itu
duduk didepan kelas maupun duduk ditaman.
3. Menganalisis salah satu contoh kegiatan yang dilakukan siswa
pada saat istirahat sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
(KTSP) yang relevan dengan kegiatan tersebut, misalnya membeli jajan. Kegiatan
tersebut sesuai dan relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
kelas 3 dan kelas 5. Untuk kelas 3 relevan dengan SK: 2. Memahami jenis
pekerjaan dan penggunaan uang.
B. Saran
1. proses pendidikan merupakan proses yang sangat penting
dalam proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Dalam proses
pembelajaran peserta didik harus selalu mendapat bimbingan dari pendidik. Guru
memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran di penddikan formal,
guru harus bisa membimbing peserta didik agar perkembangan yang dialami
murid-murid sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru juga harus menjadi teladan
yang baik untuk murid-muridnya karena karakteristik anak SD mudah meniru apa
yang dilihatnya terutama guru yang mengajarnya.
2. Setiap pendidik memiliki kewajiban untuk menanamkan akhlak
baik dan peka terhadap lingkungan sekitar bagi peserta didik. Sebagai pendidik
guru harus memiliki kwalitas yang bermutu. Kwalitas yang dimiliki pendidik akan
berpengaruh terhadap kwalitas anak didiknya. Penggunaan teori pembelajaran
untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas harus
melihat pada kondisi-kondisi tertentu, seperti peserta didik, materi
pembelajaran, dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran memberikan
makna bagi perubahan perilaku peserta didik. Pembelajaran yang bermakna adalah
pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan kemapuan kognitif siswa, tetapi juga
mampu mendorong perkembangan afektif dan psikomotorik siswa.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Batang.
15 April 2019
Mengetahui
Pembuat laporan Kepala SDN Sodong 02
MOHAMAD YUSUF WIYANA, S.Pd.
NIM 1401418263 NIP.
19620120 19608 1 001
No comments:
Post a Comment