Tugas
Skenario Pembelajaran
Nama
: Mohamad Yusuf
NIM : 1401418263
Rombel
: F
Skenario
Pembelajaran
Kelas :
2 (Dua)
Metode :
Suku Kata
Media :
Kartu Suku Kata
Kegiatan
Pembuka
Guru |
: Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh |
Siswa |
: Wa’alaikumsalam warohmatullah wabarokatuh |
Guru |
: Selamat pagi anak-anak |
Siswa |
: Selamat pagi pak guru |
Guru |
: Bagaimana kabarnya anak-anak? |
Siswa |
: Alhamdulillah baik pak |
Guru |
: baik, marilah anak-anak persiapkan alat tulis, kita akan melanjutkan belajar
membaca pada hari ini |
Siswa |
Baik pak guru |
Kegiatan
Inti
Guru |
: baik sebelum
memulai pembelajaran bapak akan membagi kelompok, setia kelompok
beranggotakan 5 siswa, adapun pembagiannya adalah kelompok 1 presensi 1-5,
kelompok 2 presensi 6-10, Kelompok 3 presensi 11-15, dan kelompok 4 presensi
16-20. Baik sekarang masing-masing kelompok berkumpul dengan anggotanya,
kelompok 1 di sisi kanan depan, kelompok 2 di sisi kanan belakang, kelompok 3
di sisi kiri depan dan kelompok 4 di sisi kiri belakang. |
Siswa |
: Baik pak
guru |
Guru |
: Sekarang
bapak membawa beberapa kartu, kartu ini adalah kartu suku kata, setelah ini
kita akan belajar menyusun kata dengan kartu suku kata ini. |
Siswa |
: Baik pak
guru. |
Guru |
: Sekarang masing-masing kelompok
perhatikan pak guru terlebih dahulu ya |
Siswa |
: Baik pak guru. |
Guru |
: Sekarang pak guru membawa bebrapa kartu suku kata,
kartu suku kata ini nantinya akan kita urutkan dan dijakan menjadi sebuah kata, apa semua
sudah paham? |
Siswa |
: sudah pak guru. |
Guru |
: kartu ini digunakan untuk kita belajar bersama |
Siswa |
: iya pak. |
Guru |
: baik dari ketiga kartu ini mari kita
eja satu persatu terlebih dahulu ya, kemudian kita urutkan agar menjadi
sebuah kata. |
Ba |
Bi |
Bu |
Ka |
Ki |
Ku |
Bu-Ku
= Buku
A |
I |
U |
Ba |
Bi |
Bu |
I-bu
= Ibu
Ga |
Gi |
Gu |
Ra |
Ri |
Ru |
Gu-ru
= Guru
Sa |
Si |
Su |
Pa |
Pi |
Pu |
Sa-pu
= Sapu
Da |
De |
Di |
Do |
Du |
Sa |
Se |
Si |
So |
Su |
De-sa
= Desa
Ma |
Me |
Mi |
Mo |
Mu |
Kan |
Ken |
Kin |
Kon |
Kun |
Ma-kan
= Makan
Guru |
: Apakah
sekarang kalian sudah bisa menyusun
kata dari kartu suku kata? |
Siswa |
: sudah pak guru |
Guru |
: kalua kalian sudah bisa pak guru
akan membagikan kartu suku kata kepada kelompok 1,2,3 dan 4. Kemudian
masing-masing kelompok nanti mengurutkan kartu suku kata menjadi kata yang benar,
setelah itu disampaikan kepada teman-teman di depan kelas. Apakah sudah
paham? |
Siswa |
: sudah pak |
Guru |
: Baik, kalau sudah paham, bapak akan
membagikan kartu suku kata kepada masing-masing kelompok. |
Siswa |
: baik pak guru. |
(guru membagikan kartu Suku kata, siswa
mengerjakan tugas tersebut secara berkelompok)
Kegiatan Penutup
Guru |
: Alhamdulillah kita telah belajar membaca dengan menggunakan kartu suku
kata, apakah semua sudah paham? |
Siswa |
: Sudah pak guru. |
Guru |
: Apakah ada pertanyaan? |
Siswa |
: Tidak pak Guru |
Guru |
: Baiklah, jadi anak-anak harus rajin berlatih agar pandai membaca |
Siswa |
: Baik pak Guru |
Guru |
: Sebelum mengakhiri belajar kita pada hari ini marilah kita berdo’a
terlebih dahulu, ketua kelas memimpin berdo’a. |
No comments:
Post a Comment