RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Sodong 02
Mata
Pelajaran : Matematika
Bab 5 : KDebit, volume dan Waktu
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator |
3.4
Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu |
Indikator
Utama 3.4.1
Memahami definisi waktu, volume dan debit 3.4.2
Menjelaskan hubungan antara volume, waktu dan Debit Indikator
pendukung 3.4.3
Menganalisis satuan Volume 3.4.4
Menganalisis satuan waktu dalam detik atau jam Indikator
pengayaan 3.4.5
Menganalisis satuan Debit |
4.4 Menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan kecepatan,
jarak,dan waktu |
Indikator
Utama 4.4.1
Menyelesaikan masalah menggunakan konsep Debit sebagai perbandingan volume
dengan waktu Indikator
pendukung 4.4.2
Membuat laporan penyelesaian
masalah dengan konsep Debit sebagai perbandingan volume dengan
waktu Indikator
pengayaan 4.4.3
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan Debit, Volume, dan waktu |
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengarkan penjelasan
dari guru siswa dapat memahami pengertian Volume, waktu dan Debit dengan baik
2.
Dengan membaca materi dari buku
paket siswa mampu menganalisis satuan volume dengan tepat
3.
Dengan mendengarkan penjelasan
dari guru siswa dapat menganalisi satuan waktu dengan tepat
4.
Dengan membaca materi dari buku
paket siswa mampu menganalisis satuan Debit dengan tepat
5.
Dengan melakukan percobaan
siswa dapat menjelaskan hubungan antara volume,
waktu dan Debit dengan benar
v Karakter
siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN
¡
Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017
¡
Ensiklopedia
Matematika yang relevan.
¡
Ensiklopedia Anak Nasional yang
relevan.
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Gambar orang mengisi air
pada galon
§ Gambar orang mengisi
berbagai wadah
§ Botol 600ml
§ Botol 1500ml
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengenal
Volume, waktu dan Debit
§ Memahami
hubungan Volume, waktu dan Debit
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Diskusi, tanya
jawab, penugasan dan ceramah
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
AlokasiWaktu |
Pendahuluan |
¡ Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan
setelah pelajaran. (Religius) ¡ Guru mengajak menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Nasionalis) ¡ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
tentang Debit, volume dan Waktu. (Communication) ¡ Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya, § Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. ¡ Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan
menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Volume,
debit dan Waktu. ¡ Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan hal-hal
yang diperlukan |
10 menit |
Inti |
Mengamati §
Guru menampilkan gambar
sesorang yang sedang mengisi air di galon §
Guru menjelaskan mengenai
proses masuknya air galon yang berkaitan dengan volume waktu dan debit §
Siswa mendengarkan penjelasan
guru mengenai Volume, Waktu dan Debit §
Siswa membaca materi mengenai
dari Volume, Waktu dan Debit §
Guru membimbing peserta didik
untuk membuat kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota. (Collaboration) §
Guru mengarahkan peserta
didik untuk mengenal Volume, waktu dan Debit melalui diskusi. (Mandiri) Menanya §
Guru menfasilitasi peserta
didik untuk saling bertanya jawab dengan anggota kelompoknya Volume, waktu
dan Debit. (Communication) §
Guru juga memfasilitasi siswa untuk bertanya kepada guru untuk
bertanya apabila dalam kelompoknya ada yang belum paham Mencoba §
Guru mendampingi peserta
didik dalam melakukan beberapa hal yang diperhatikan dalam langkah kegiatan LKPD (Mandiri) §
Guru membimbing peserta didik
dalam menentukan hasil bagi antara Volume dan waktu §
Guru mendampingi peserta
didik untuk menyebutkan rumus Debit dan cara menghitungnya Menalar §
Guru mengarahkan peserta
didik untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Debit, Volume
dan waktu. (Mandiri) §
Anggota kelompok menyusun laporan mengenai LKPD yang telah dibuat Mengkomunikasikan §
Guru mengarahkan peserta
didik untuk menceritakan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain. (Literasi) |
50 menit |
Penutup |
§
Guru merefleksikan hasil
pembelajaran tentang Volume, waktu dan Debit. (Integritas) §
Guru melakukan evaluasi
tentang Volume, waktu dan Debit, serta
menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya. (Mandiri) §
Guru menginformasikan materi
selanjutnya,. (Communication) §
Guru memerintahkan salah satu siswa memimpin berdo’a. (Religius) |
10 menit |
I. PENILAIAN
1. Penilai sikap spiritual
a. Teknik penilaian : Nontes
b. Jenis penilaian : Penilaian sikap
c.
Bentuk
penilaian : Rubrik
d. Instrumen penilaian : Lembar skala sikap
e. Sikap yang dinilai : Perilaku syukur dan
berdo’a
2. Penilaian sikap spiritual dan sosial
a.
Teknik penilaian : Nontes
b. Jenis penilaian : Penilaian sikap
c.
Bentuk
penilaian : Rubrik
d. Instrumen penilaian : Lembar skala sikap
e. Sikap yang dinilai : Kerjasama, cermat,
percaya diri
3. Penilaian
pengetahuan
a. Teknik penilain : Tes
b. Jenis penilaian : Tertulis c. Bentuk
penilaian : Uraian
d. Instrumen penilaian : Lembar evaluasi
4. Penilaian
keterampilan
a. Teknik penilaian : Nontes
b. Jenis penilaian : Unjuk
kerja
c.
Bentuk
penilaian : Rubrik
d. Instrumen penilaian : Lembar
Pengamatan
Mengetahui Kepala Sekolah, Marmin, S.Pd.SD. NIP. 19660423 199003 1 008 |
Batang, 2020 Guru Matematika Kelas 5, Mohamad Yusuf, S.Pd.SD. NIP. |
No comments:
Post a Comment