Monday, September 14, 2020

RPP Matematika kelas 5 semester 1

 

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 


Satuan Pendidikan      : SD/MI

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas / Semester        :  5 / 1

Pelajaran                     : Perbandingan Dua Besaran Yang Berbeda

Sub Pelajaran             : Pengertian Perbandingan Dua Besaran

Pertemuan                  : 1

Alokasi waktu              : 90 menit

 

 

A.   KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri

dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

Muatan: Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3. Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)

 

3.3.1. Memahami perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)

4.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)

 

4.3.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)

 

C.   TUJUAN

  1. Melalui penjelasan guru siswa mampu memahami perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
  2. Melalui berbagai latihan siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)

 

D.   MATERI

  1. Pengertian perbandingan dua besaran,

 

E.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan          : Scientific

Strategi                : Cooperative Learning

Teknik                  : Example Non Example

Metode                 : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,

2.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.

3.    Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan

4.    Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa

5.    Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.

6.    Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya

7.    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

 

10 menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang pengertian perbandingan dua besaran

 

2.  Mengetahui perbandingan dua besaran yang beda satuan.

 

B.   Menanya

1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.    Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang perbandingan dua besaran.

3.    Guru menjelasakan pertanyaan siswa.

 

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang perbandingan dua besaran.

2.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang perbandingan dua besaran dengan bimbingan guru.

3.    Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.

4.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang perbandingan dua besaran.

Creativity and Innovation)

 

D.   Mencoba

1.    Guru memberikan soal latihan perbandingan dua besaran kepada siswa.

·         Iwan berangkat sekolah mengendarai sepeda. Panjang lintasan yang dilalui Iwan dari rumah sampai ke sekolah adalah 800 m. Berapa jarak antara rumah Iwan ke sekolah?

 

2.    Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

 

Hasilnya;

·         Jarak rumah Iwan ke sekolah adalah 800m

(Critical Thinking and  Problem Formulation)

 

E.    Mengkomunikasikan

  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang perbandingan dua besaran.
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar perbandingan dua besaran yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.

(Communication)

 

65 menit

 

Kegiatan

Penutup

1.    Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari menghitung jarak suatu benda.

2.    Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi

3.    Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak

4.    Salam dan do’a penutup.

15 menit

 

G.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku Pedoman Guru Kelas 5 dan Buku Siswa Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).

2.    BSE KTSP

3.    Software Pengajaran kelas 5 SD/MI dari JGC

 

H.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;

Butir soal;

 

Diantara kedua merek motor ini, tentukan merek motor yang mana paling irit.

1. Merek H mampu menempuh jarak 40 km dengan 1 liter bensin

2. Merek Y mampu menempuh jarak 70 km dengan 2 liter bensin

 

Catatan : Soal dapat dikembangkan oleh guru

 

Catatan Guru

1. Masalah                  :……….

2. Ide Baru                  :………..

3. Momen Spesial       :………….

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Matematika Kelas 5

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...