RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester :
5 / 1
Pelajaran :
Perbandingan Dua Besaran Yang Berbeda
Sub
Pelajaran : Pengertian Perbandingan Dua Besaran
Pertemuan : 1
Alokasi waktu :
90 menit
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dan tempat bermain.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.3. Menjelaskan
perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak
dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu) |
3.3.1. Memahami
perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak
dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu) |
4.3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda
(kecepatan, debit) |
4.3.1. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan,
debit) |
C.
TUJUAN
- Melalui penjelasan guru
siswa mampu memahami
perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan
jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
- Melalui berbagai latihan siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)
D.
MATERI
- Pengertian
perbandingan dua besaran,
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama
dan keyakinan masing-masing, 2. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. 3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang
relevan 4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah
konsentrasi siswa 5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. 6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan
sebelumnya 7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
2. Mengetahui perbandingan dua besaran yang
beda satuan. B. Menanya 1.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang materi yang disampaikan 2.
Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
tentang perbandingan dua besaran. 3.
Guru menjelasakan pertanyaan siswa. C. Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya
tentang perbandingan dua besaran. 2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
menjelaskan hasil diskusi tentang perbandingan
dua besaran dengan bimbingan guru. 3. Guru memberikan pembenaran dan masukan
apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa. 4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham
tentang perbandingan dua besaran. Creativity
and Innovation) D. Mencoba 1.
Guru memberikan soal latihan perbandingan dua besaran kepada siswa. ·
Iwan berangkat sekolah mengendarai sepeda. Panjang
lintasan yang dilalui Iwan dari rumah sampai ke sekolah adalah 800 m. Berapa
jarak antara rumah Iwan ke sekolah? 2.
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan
tersebut secara individu 3.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil
pekerjaanya didepan kelas secara bergantian Hasilnya; ·
Jarak rumah Iwan ke sekolah adalah 800m (Critical
Thinking and Problem Formulation) E. Mengkomunikasikan
(Communication) |
65 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Guru memberikan penguatan materi dan
kesimpulan dari menghitung jarak suatu benda. 2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan
memberikan motivasi 3. Guru menyampaikan pesan moral hari ini
dengan bijak 4. Salam dan do’a penutup. |
15 menit |
G. SUMBER DAN
MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Kelas 5 dan Buku Siswa
Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
2. BSE KTSP
3. Software Pengajaran kelas 5 SD/MI dari JGC
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
Diantara kedua merek
motor ini, tentukan merek motor yang mana paling irit.
1. Merek H mampu
menempuh jarak 40 km dengan 1 liter bensin
2. Merek Y mampu
menempuh jarak 70 km dengan 2 liter bensin
Catatan : Soal dapat dikembangkan oleh guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Matematika Kelas 5 ……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment