Monday, September 14, 2020

Penilaian Sikap

 

Penilaian Sikap

 

 

 

Satuan Pendidikan       : SD Negeri Sodong 02

Kelas/Semester             : V / I

Materi pokok                : Volume, Waktu dan Debit

 

 

 

a.   Penilaian Spiritual

 

 

 

 

 

No

 

 

 

 

Nama

 

Perilaku yang diamati

 

 

 

 

Skala akhir/

predikat

 

 

Ketaatan beribadah

 

 

Perilaku syukur

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

 

Toleransi dalam beribadah

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian sikap spiritual

 

 

 

Kriteria

 

Baik sekali

 

Baik

 

Cukup

 

Kurang

4

3

2

1

Ketaatan beribadah

Selalu taat beribadah

Sering taat dalam beribadah

Kadangkadang taat

beribadah

Tidak  taat dalam beribadah

Perilaku syukur

Selalu menunjukkan rasa syukur

Sering menunjukkan rasa syukur

Kadangkadang menunjukkan rasa syukur

Tidak bersyukur


 

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Selalu melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Kadangkadang berdoa

sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Tidak   berdoa sebelum    dan sesudah melakukan kegiatan

Toleransi dalam beribadah

Selalu menunjukkan sikap toleransi dalam beribadah

Sering menunjukkan sikap toleransi dalam beribadah

Kadangkadang menunjukkan sikap toleransi dalam beribadah

Tidak menunjukkan

sikap toleransi dalam beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian  Sikap Sosial

 

 

 

 

No

 

 

Nama siswa

 

Sumber penilaian

 

 

Skala /

predikat

 

Observa si

Penilaian diri

Antar teman

 

Jurnal

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian sikap sosial

 

 

 

Kriteria

Baik sekali

 

4

Baik

 

3

Cukup

 

2

Kurang

 

1

Jujur

Tindakan     selal sesuai dengan ucapan

Tindakan kadangkadang sesuai dengan ucapan

Tindakan kurang sesuai dengan ucapan

Tindakan tidak

sesuai  dengan ucapan

Disiplin

Mampu menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri

Mampu

 

menjalankan aturan dengan pengarahan guru

Kurang mampu

menjalankan aturan

Belum       mampu

 

menjalankan aturan

Tanggung

 

Jawab

Tertib mengikuti instruksi dan selesai  tepat waktu

Tertib mengikuti instruksi, selesai tidak tepat waktu

Kurang  tertib mengikuti instruksi, selesai    tidak tepat waktu

Tidak tertib dan tidak menyelesaikan tugas

Santun

Berbahasa   positif dan bersikap

sopan

Berbahasa positif tapi bersikap kurang sopan

Berbahasa negative dan bersikap kurang sopan

Berbahasa negative dan tidak sopan


 

Peduli

Selalu care/empati dengan

lingkungan sekitar dan temannya

Sering     care

/empati dengan lingkungan sekitar      dan temannya

Kadangkadang care /empati dengan lingkungan

dan temannya

Belum     /     tidak

 

care/empati dengan

lingkungan      dan temannya

Percaya diri

Tidak  terlihat ragu-ragu

Terlihat raguragu

Memerlukan bantuan guru

Belum menunjukkan kepercayaan diri


Penilaian Psikomotor

 

 

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Sodong 02

Kelas/Semester           : V / I

Materi pokok             : Debit, volume dan waktu

 

Kompetensi Dasar

Indikator

 

4.4 Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengankecepatan, jarak, danwaktu.

Indikator Utama

4.4.1        Menyelesaikan masalah menggunakan konsep Debit sebagai perbandingan volume dengan waktu

 

Indikator pendukung

4.4.2        Membuat laporan penyelesaian masalah dengan konsep  Debit sebagai perbandingan volume dengan waktu

 

Indikator pengayaan

4.4.3        Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan Debit, Volume, dan waktu

 

 

 

1.   Rubrik Penilaian Psikomotor

 

 

Kriteria

Baik sekali

baik

Cukup

Butuh bimbingan

4

3

2

1

 

 

 

 

Menyiapkan alat dan bahan

Bila     alat     dan

bahan lengkap sesuai dengan LKPD

bila alat dan bahan

disiapkan     tetapi kurang lengkap

Bila     alat     dan

bahan disiapkan oleh guru/teman yang lain tetapi ikut menentukan alat dan bahan

Bila              tidak

menyiapkan alat dan bahan hanya pasif, menunggu teman   lain yang menyiapkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proses Kegitan

bekerjasama dengan kelompok, melakukan sampai akhir, tidak menggangu anggota kelompok, berpartisipasi aktif

Jika             hanya

terpenuhi 3 aspek dari 4 aspek

Jika             hanya

terpenuhi 2 aspek dari 4 aspek

Jika             hanya

terpenuhi 1 aspek dari 4 aspek


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menentukan hasil kegiatan

Jika  menggambar

dan              dapat menentukan bangun      prisma dengan benar

Jika menggambar,

belum          dapat menentukan bangun      prisma dengan benar

Jika   hanya   ikut

mengamati     dan menggambar dengan benar

Jika             hanya

menyalin hasil gambar  dari teman lain

 

 

 

 

No

 

 

Nama

 

Kriteria 1

 

Kriteria 2

 

Kriteria 1

Total

skor

Nilai

akhir

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Skor Maksimal = 3 x 4 = 12

Nilai =  ��𝑎      �� 𝑎�𝑎     x 10

𝑎�𝑎�

 

3. Penentuan Kriteria

a. Skor 8,6 – 10 = dapat ditetapkan sangat kompeten b. Skor 6,6 – 8,5 = dapat ditetapkan kompeten

c. Skor 4,6 – 6,5 = dapat ditetapkan cukup kompeten d. Skor 3 – 4,5 = dapat ditetapkan tidak kompeten

No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...