Penilaian
Sikap
Satuan Pendidikan : SD Negeri Sodong 02
Kelas/Semester : V / I
Materi pokok : Volume, Waktu dan Debit
a. Penilaian
Spiritual
No |
Nama |
Perilaku yang diamati |
Skala akhir/ predikat |
|||
Ketaatan beribadah |
Perilaku syukur |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
Toleransi
dalam beribadah |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
sikap
spiritual
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Kurang |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketaatan beribadah |
Selalu taat beribadah |
Sering taat dalam
beribadah |
Kadangkadang
taat beribadah |
Tidak taat
dalam beribadah |
Perilaku
syukur |
Selalu menunjukkan rasa syukur |
Sering menunjukkan
rasa syukur |
Kadangkadang menunjukkan
rasa syukur |
Tidak bersyukur |
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan
kegiatan |
Selalu melakukan doa
sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
Sering berdoa sebelum dan
sesudah
melakukan kegiatan |
Kadangkadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
Tidak berdoa
sebelum
dan sesudah melakukan
kegiatan |
Toleransi dalam
beribadah |
Selalu menunjukkan sikap
toleransi dalam
beribadah |
Sering menunjukkan
sikap toleransi
dalam beribadah |
Kadangkadang menunjukkan
sikap toleransi
dalam beribadah |
Tidak menunjukkan sikap toleransi
dalam beribadah |
b. Penilaian Sikap
Sosial
No |
Nama siswa |
Sumber penilaian |
Skala / predikat |
|||||||||||||||
Observa si |
Penilaian
diri |
Antar teman |
Jurnal |
|||||||||||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
sikap
sosial
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Kurang 1 |
Jujur |
Tindakan selal sesuai dengan ucapan |
Tindakan
kadangkadang
sesuai dengan
ucapan |
Tindakan
kurang sesuai dengan
ucapan |
Tindakan
tidak sesuai dengan
ucapan |
Disiplin |
Mampu menjalankan aturan dengan kesadaran
sendiri |
Mampu menjalankan
aturan dengan
pengarahan
guru |
Kurang
mampu menjalankan
aturan |
Belum mampu menjalankan
aturan |
Tanggung Jawab |
Tertib mengikuti instruksi dan
selesai tepat
waktu |
Tertib mengikuti instruksi,
selesai tidak
tepat waktu |
Kurang
tertib
mengikuti instruksi,
selesai tidak
tepat waktu |
Tidak tertib
dan
tidak menyelesaikan tugas |
Santun |
Berbahasa
positif dan
bersikap sopan |
Berbahasa positif tapi bersikap kurang sopan |
Berbahasa negative dan bersikap kurang sopan |
Berbahasa negative dan tidak sopan |
Peduli |
Selalu care/empati dengan lingkungan sekitar dan temannya |
Sering care /empati dengan
lingkungan sekitar dan temannya |
Kadangkadang care /empati dengan
lingkungan dan temannya |
Belum / tidak care/empati dengan lingkungan
dan
temannya |
Percaya diri |
Tidak terlihat ragu-ragu |
Terlihat raguragu |
Memerlukan bantuan guru |
Belum menunjukkan kepercayaan
diri |
Penilaian
Psikomotor
Satuan Pendidikan : SD Negeri Sodong 02
Kelas/Semester : V
/ I
Materi pokok : Debit,
volume dan waktu
Kompetensi Dasar |
Indikator |
4.4
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengankecepatan, jarak, danwaktu. |
Indikator Utama 4.4.1
Menyelesaikan masalah menggunakan konsep Debit sebagai perbandingan volume
dengan waktu Indikator pendukung 4.4.2
Membuat laporan penyelesaian
masalah dengan konsep Debit sebagai perbandingan volume dengan
waktu Indikator pengayaan 4.4.3
Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan Debit, Volume, dan waktu |
1. Rubrik Penilaian
Psikomotor
Kriteria |
Baik sekali |
baik |
Cukup |
Butuh bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Menyiapkan alat
dan bahan |
Bila
alat dan bahan lengkap
sesuai
dengan LKPD |
bila alat dan bahan disiapkan tetapi
kurang lengkap |
Bila
alat dan bahan disiapkan oleh
guru/teman yang lain
tetapi ikut
menentukan
alat dan bahan |
Bila tidak menyiapkan alat
dan bahan hanya pasif,
menunggu teman lain yang
menyiapkan |
Proses Kegitan |
bekerjasama dengan kelompok, melakukan sampai akhir, tidak menggangu
anggota kelompok, berpartisipasi aktif |
Jika hanya terpenuhi
3 aspek dari 4 aspek |
Jika hanya terpenuhi
2 aspek dari 4 aspek |
Jika hanya terpenuhi
1 aspek dari 4 aspek |
|
|
|
|
|
Menentukan hasil
kegiatan |
Jika menggambar dan dapat
menentukan
bangun prisma dengan
benar |
Jika menggambar, belum dapat menentukan
bangun prisma dengan
benar |
Jika
hanya ikut mengamati dan
menggambar dengan
benar |
Jika hanya menyalin hasil gambar dari
teman lain |
No |
Nama |
Kriteria 1 |
Kriteria 2 |
Kriteria 1 |
Total skor |
Nilai akhir |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Skor Maksimal = 3 x 4 =
12
Nilai = ����𝑎 ℎ � ��� ��� 𝑎�𝑎 � x 10
���� �𝑎����𝑎�
3. Penentuan
Kriteria
a. Skor 8,6 – 10 = dapat ditetapkan sangat kompeten
b. Skor 6,6 – 8,5 = dapat ditetapkan
kompeten
c. Skor 4,6 – 6,5 = dapat ditetapkan cukup kompeten
d. Skor 3 – 4,5 = dapat ditetapkan
tidak kompeten
No comments:
Post a Comment