Monday, September 14, 2020



 



 

PENGOLAHAN JAHE MENJADI PERMEN JAHE BERKHASIAT

Dibuat sebagai salah satu tugas mata kuliah Penerapan Teknologi IPA

Dosen Pengampu :

 

Dr. Sri Sulistyorini, M. Pd.

Dr. Barokah Isdaryanti, S.Pd., M.Pd.

 

Disusun Oleh :

 

Mohamad Yusuf              (1401418263)

 

Rombel F

 

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2020

 

 

 


 

A.    PENDAHULUAN

 

1.       Latar Belakang

Dalam kehidupan dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang. Misalnya sejak dalam kandungan manusia mendapat perawatan secara medis melalui pemeriksaan berkala ke BKIA atau puskesmas. Setelah lahir, mendapat vaksinasi untuk memperoleh kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, jika sakit mendapat pemeriksaan dokter dan memperoleh obat dan sebagainya.

Ilmu alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangakan ilmu terapan. Sebaliknya, teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya. 

 

2.      Rumusan Masalah

1)      Mengapa memilih tanaman jahe?

2)      Bagaimana Morfologi Tanaman Jahe?

3)      Apa saja jenis-jenis tanaman jahe?

4)      Apa kandungan dalam tanaman Jahe?

5)      Bagaimana Pengolahan Jahe menjadi Permen Jahe?

 

 

 

B.     PEMBAHASAN

 

1.      Alasan Memilih Tanaman Jahe

Tanaman jahe ada tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh, tanaman jahe sangat mudah dijumpai terutama di Indonesia. Tanaman jahe sudah menjadi hal yang sudah sangat dekat dengan masyarakat, banyak sekali kegunaan dari tanaman jahe. Tanaman jahe sangat mudah untuk dibudidayakan, setiap orang dapat membudidayakanya secara mandiri dengan lingkungan yang sangat sempit sekalipun tanaman jahe masih sangat bisa untuk dibudidayakan. Karena banyak kemudahan itulah maka tanaman jahe dipilih dan dijadikan bahan olehan berupa permen jahe yang sangat digemari oleh anak, remaja bahkan sampai dengan orang tua

 

2.      Morfologi Tanaman Jahe

Tanaman jahe tumbuh baik di dataran tinggi  maupun  dataran  rendah.  Dari  hasil    observasi,  tanaman  jahe  banyak ditanam  di  dua  wilayah  yang  memiliki  ketinggian  tempat  berbeda, berikut ini morfologi dari tanaman jahe:

a.Rimpang akar

Rimpang   bercabang   tidak   teratur   umumnya   kearah   vertikal,   kulit berbentuk  sisik  tersusun  melingkar  dan  berbuku-buku,  warna  kuning  coklat sampai merah tergantung dari jenisnya. Daging berwarna kuning cerah, berserat, aromatis, mengandung metabolit sekunder.

b.Batang

Batang tanaman merupakan batang semu yang tumbuh tegak lurus. Batang itu terdiri dari seludang-seludang daun tanaman dan pelepah-pelepah daun yang menutupi batang. Bagian luar batang agak licin dan sedikit mengkilap berwarnhijau tua.

c. Daun

Daun jahe berbentuk lonjong dan lancip menyerupai daun rumput- rumputan besar. Daun itu berselingan dengan tulang daun sejajar sebagaimana tanaman  monokotil lainnya. Pada bagian atas, daun lebar dengan ujung agak lancip, bertangkai pendek, berwarna hijau tua agak mengkilap. Sementara bagian bawah berwarna hijau muda dan berbulu halus

d. Bunga

Bunga jahe berupa bulir yang berbentuk kincir, tidak berbulu, Bulir itu menempel pada tangkai bulir yang keluar dari akar rimpang.. Bunga terletak pada ketiak daun pelindung dengan beberapa bentuk, yakni panjang, bulat telur, lonjong, runcing, atau tumpul.

 

Taksonomi Tanaman Jahe

Kingdom: Plantae, Divisi: Spermatophyta, Subdivisi: Angiospermae, Kelas : Monocotyledoneae, Ordo : Zingiberales, Famili: Zingiberaceae, Genus: Zingiber, Spesies: Zingiber officinale Roscoe

 

 

3.      Jenis-jenis Jahe

Berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna rimpangnya, jahe dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Jahe Merah

Jahe merah (Zingiber Officinale var. rubrum)  berdiameter  42-43  mm,  tinggi 52-104 mm dan panjang 123-126 mm. Jahe merah memiliki rimpang yang kecil berwarna kuning kemerahan dan lebih kecil daripada jahe kecil serta serat yang kasar. Rasanya pun sangat pedas dan memiliki aroma yang sangat tajam.

2. Jahe Putih Besar

Jahe putih besar atau jahe gajah (Zingiber Offchinale var. offichinarum) berdiameter 48-85 mm, tinggi 62-113 mm dan panjang 158 327 mm. Jahe ini memiliki rimpang yang jauh lebih besar dan gemuk namun rasa dan aromanya kurang tajam dibanding  jahe  merah  dan  jahe  putih kecil.

3. Jahe Putih Kecil

Jahe putih kecil atau jahe emprit (Zingiber offichinale var. amarum) memiliki ruas yang kecil, berdiameter 32,7 40 mm, tinggi 63,8 111 mm, dan panjangnya 61– 317 mm. Jahe ini berbentuk pipih dan berwarna putih kuning. Seratnya lembut dan memiliki aroma yang lebih tajam dari jahe putih besar.

 

 

4.      Kandungan Jahe

Khasiat atau aktivitas biologis jahe, seperti antikolesterol, antipembekuan/penggumpalan darah (anti-thrombotic/anti-platelet), anti-inflammatori (anti-peradangan) serta vaskodilator (pelebar pembuluh darah). Sifat tersebut dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban kerja jantung. Jahe juga memiliki kemampua seebagai antidiabetik, antikanker, analgesik  (anti  nyeri),  antipiretik ( p e n u r u n  p a n a s ) ,  a n t i o k s i d a n , antibakteri, anti-radiasi, anti-alergi, imunomodulator dan antivirus.

Pengujian  aktivitas  antivirus jahe, antara lain dalam percobaan pemberian jahe (300 µg/ml) pada sel saluran pernafasan manusia, jahe segar  dapat  menurunkan  infeksi human  respiratory  syncytial  virus

(HRSV) sebesar 70% (pada sel bagian atas dan bawah), sedangkan jahe kering hanya dapat menekan infeksi sebesar 20% (hanya pada sel bagian  atas).  Gingerol  merupakan komponen utama yang berperan sebagai antivirus. Studi lain yang dilakukan  pada  sel  darah  manusia yang berinti bulat (peripheral blood m o n o n u c l e a r   c e l l / P B M C ) menunjukkan, bahwa ekstrak-air jahe memiliki  kemampuan  sebagai  anti-inflamasi  dan  anti-virus  new  castle disease (NDV). Jahe juga membantu membunuh virus flu dan gejala- gejalanya seperti demam dan batuk p i l e k .  M e n i n g k a t k a n  a s u p a n makanan  dan minuman yang kaya antioksidan seperti ekstrak jahe dapat memerangi peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

 

5.      Cara Pengolahan Jahe Menjadi permen Jahe

Berikut ini adalah cara pengolahan jahe menjadi permen jahe:

a.       Tumbuk dan ulek Jahe

b.      Tumbuk cengkeh diplastiknya

c.       Masukkan air 250ml ke dalam panci/wadah

d.      Campurkan semuanya (jahe 1 sendok makan, madurasa 1 sachet, jeruk nipis peras dengan saringan, cengkeh seujung sendok dan gula pasir putih 1/4)

e.       Rebus hingga mendidih (lalu saring ampasnya)

f.       Rebus lagi aduk hingga mengental (agak lama sih)

g.      Rekomen saya sih bentuknya pake tangan aja trus taro di wadah stenlis ditaburi gula pasir putih lagi deh

 

 

C.    PENUTUP

 

1.      Kesimpulan

Tanaman jahe adalah tanaman yang sangat mudah dijumpai  di Indonesia, masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal jahe. Tanman jahe sangat mudah untuk dibudidayakan bahkan dengan temapat yang sangat minim. Tanaman jahe tumbuh baik di dataran tinggi  maupun  dataran  rendah.  Dari  hasil    observasi,  tanaman  jahe  banyak ditanam  di  dua  wilayah  yang  memiliki  ketinggian  tempat  berbeda. Terdapat tiga jenis jahe yaitu jahe merah, jahe putih besar dan jahe putih kecil dengan karakteristik sendiri-sendiri. Tanaman jahe juga memiliki banyak manfaat diantaranya menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban kerja jantung dan masih bayak lagi. Jahe dapat diolah dengan berbagai macam olahan, salah satunya menjadi permen jahe yang sudah dikenal banyak kalangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Peneliti BB pasca panen. Buku Saku Potensial untuk Anti Virus dan Imun Booster. Jakarta

 

http://repository.lppm.unila.ac.id/8561/1/Medula%20Vol%207%20Nmr%205%20des%202017.pdf

 

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/49089/Chapter%20II.pdf?sequence=4&isAllowed=y

 

No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...