Satuan pendidikan : SDN Sodong 02
Kelas/Semester : 5 (lima)/ I (Satu)
Bab/Sub bab : 3.
bangun
Ruang sederhana/
1. Sifat-sifat Prisma
2. ciri-ciri prisma
Alokasi Waktu
: 2
× 35 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru,
dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah, dan
tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku
anak
beriman
dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.6 Membandingkan
prisma, tabung,limas, kerucut, dan
bola
3.6.1 Mengidentifikai Ciri-ciri Prisma
3.6.2 Mengidentifikai Sifat-sifat
Prisma
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung,
limas, kerucut, dan
bola
4.6.1 Menggambar prisma berdasrkan
ciri-ciri yang telah
diketahuai
4.6.2 menentukan sifat-sifat prisma berdasarkan
gambar yang disajikan
BAHAN AJAR
A.
Prisma
a. Pengertian
Prisma
Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang sejajar. Dua bidang sejajar itu dinamakan bidang alas dan bidang atas.
Perhatikan gambar
berikut:
Gambar
2.1
Pada
gambar 2.1 menunjukkan
contoh
bangun ruang prisma. Bangun-
bangun
ruang tersebut mempunyai bidang alas dan bidang atas yang sejajar dan kongruen. Sisi
lainnya berupa sisi tegak berbentuk jajargenjang atau
persegi panjang yang tegak lurus
ataupun tidak tegak lurus terhadap bidang alas dan bidang
atasnya. Bangun seperti itu dinamakan prisma . Berdasarkan bentuk alasnya, terdapat prisma segitiga, prisma
segi empat, prisma segi lima, dan
seterusnya. Jika alasnya berupa segi n beraturan
maka
disebut prisma segi n
beraturan.
b. Macam-macam prisma
Jenis prisma bermacam-macam sesuai dengan bentuk alas
dan
atapnya.Misalnya adalah prisma segiempat (biasa disebut kubus/balok), prisma segitiga, prisma lingkaran (tabung), prisma trapesium dan prisma segi-n(sesuai jumlah
sisinya)
c. Unsur-unsur Prisma
Gambar 2.2
Perhatikan gambar
prisma tegak
segitiga ABC.DEF berikut: Gambar
2.3
1. Titik A,
B, C, D, E, dan F adalah titik
sudut prisma
2. ABC adalah bidang atas prisma.
3. DEF adalah
bidang alas prisma.
4. Bidang
ACFD, BCFE, dan ABED adalah sisi tegak prisma.
5. Memiliki 9
rusuk AD, BE, AB,AC, BC,
DE,
EF,
DF,
CF
6. Ada 6
diagonl sisi yaitu AF,
CD,
BF, CE, AE, BD
d. Ciri-ciri Prisma
Berdasarkan gambar di
atas, diperoleh
ciri-ciri prisma
tegak segitiga sebagai berikut:
1. Memiliki 6 buah titik sudut, yaitu
titik A, B, C, D, E, dan
F
2. Memiliki 5 buah sisi, yaitu
sisi ABC, DEF, ABED, BCFE, dan ACFD
3. Memiliki 9 buah rusuk, yaitu
AB, BC, AC, DE, EF, FD, AD, BE, dan CF
4. Memiliki 6 buah diagonal
sisi, yaitu
AE, BD, BF, CE, CD, dan AF
5. Tidak memiliki diagonal
ruang
Secara umum, ciri-ciri
prisma segi-n dapat ditentukan
sebagai berikut :
1.
Mempunyai
sisi
sebanyak n+2
2.
Memiliki titik sudut sebanyak 2n
3.
Memiliki rusuk sebanyak 3n
4.
Memiliki diagonal
sisi sebanyak 2n
5.
Memiliki diagonal
ruang sebanyak n(n+3)
e. Sifat-Sifat Prisma
1. Prisma memiliki bentuk alas dan atap yang kongruen.
2. Setiap sisi bagian samping prisma berbentuk
persegi panjang.
3. Prisma memiliki rusuk tegak.
Dalam kondisi lain, ada juga prisma yang
rusuknya tidak
tegak,
prisma tersebut disebut prisma sisi miring.
4. Setiap diagonal bidang pada sisi yang sama memiliki ukuran
yang sama.
PENILAIAN
1. Penilai sikap
spiritual
a. Teknik penilaian : Nontes
b. Jenis penilaian : Penilaian sikap
c.
Bentuk
penilaian : Rubrik
d. Instrumen
penilaian
: Lembar
skala sikap
e. Sikap yang dinilai : Perilaku syukur dan
berdo’a
2. Penilaian sikap spiritual dan sosial a. Teknik penilaian : Nontes
b. Jenis penilaian : Penilaian sikap
c.
Bentuk
penilaian : Rubrik
d. Instrumen
penilaian
: Lembar
skala sikap
e. Sikap yang dinilai : Kerjasama, cermat,
percaya diri
3. Penilaian pengetahuan
a. Teknik penilain : Tes
b. Jenis penilaian : Tertulis c. Bentuk
penilaian : Uraian
d. Instrumen penilaian : Lembar evaluasi
4. Penilaian keterampilan
a. Teknik penilaian : Nontes
b. Jenis penilaian : Unjuk
kerja
c.
Bentuk
penilaian : Rubrik
d. Instrumen
penilaian : Lembar Pengamatan
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
1
MENGENAI CIRI-CIRI PRISMA
Kelas : VI Semester
: I
Tanggal :
Nama anggota kelompok
1....................................
2.
...................................
3………………………
Sub bab : Sifat-sifat dan
ciri-ciri prisma
Tujuan
: Dengan disebutkkan
ciri-ciri suatu prisma,
siswa dapat menggambar prisma sesuai ciri-
ciri
dengan tepat.
Petunjuk!
1. Perhatikan ciri-ciri prisma dibawah
ini
2. Dari ciri-ciri tersebut,
gambarlah
sebuah
prisma yang sesuai dengan ciri-ciri
3. Siapkan alat dan
bahan yang diperlukan yaitu
pensil dan penggaris.
4. Gambarlah
prisma pada bagian
yang telah disediakan.
Ciri-ciri prisma
6. Mempunyai sisi sebanyak 7
7. Memiliki titik
sudut sebanyak
10
8. Memiliki rusuk sebanyak
15
9. Memiliki diagonal sisi sebanyak 10
Gambarlah bentuk prisma tersebut dengan menggunakan penggaris dalam kotak dibawah ini!
Skor
1. Rubrik Penilaian
a. Menyiapkan alat dan bahan
Skor |
Kriteria |
1 |
Bila tidak menyiapkan alat dan bahan hanya pasif, menunggu teman
lain yang menyiapkan |
2 |
Bila alat dan
bahan disiapkan
oleh
guru/teman yang
lain tetapi
ikut menentukan alat dan bahan |
3 |
bila alat dan bahan
disiapkan tetapi kurang lengkap |
4 |
Bila alat dan bahan
lengkap sesuai dengan
LKS |
b. Menggambar
Skor |
Kriteria |
1 |
Jika hanya terpenuhi 1
aspek dari 4
aspek |
2 |
Jika hanya terpenuhi 2
aspek dari 4
aspek |
3 |
Jika hanya terpenuhi 3
aspek dari 4
aspek |
4 |
Bila prisma yang digambar
Mempunyai sisi sebanyak
7, Memiliki titik sudut
sebanyak 10, Memiliki rusuk sebanyak 15, Memiliki diagonal sisi sebanyak 10 |
c. Menentukan Hasil Kegiatan
Skor |
Kriteria |
1 |
Jika hanya menyalin hasil gambar dari teman
lain |
2 |
Jika hanya ikut mengamati dan menggambar dengan benar |
3 |
Jika menggambar, belum dapat menentukan bangun
prisma dengan
benar |
4 |
Jika menggambar
dan dapat menentukan bangun
prisma dengan
benar |
2. Skor Maksimal = 3 x 4 =
12
Nilai = ����𝑎 ℎ � ��� ��� 𝑎�𝑎 � x 10
���� �𝑎�������
3. Penentuan
Kriteria
a. Skor 8,6
– 10 = dapat ditetapkan sangat kompeten
b. Skor 6,6 – 8,5 = dapat ditetapkan kompeten
c. Skor
4,6 – 6,5 = dapat ditetapkan cukup kompeten
d. Skor 3 – 4,5 = dapat ditetapkan
tidak kompeten
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
2
MENGENAI CIRI-CIRI PRISMA
Kelas : VI Semester
: II
Tanggal :
Nama anggota kelompok
1....................................
2.
...................................
3…………………………………….
Indikator : 4.6.2
Menentukan sifat-sifat prisma berdasarkan
gambar yang disajikan.
Tujuan
: Dengan disajikan gambar prisma siswa dapat menentukan sifat-sifat prisma berdasarkan gambar yang disajikan dengan
benar
Petunjuk!
5. Tulislah
nama anggota kelompok pada kolom yang disediakan
6. Perhatikan gambar
prisma di bawah ini.
7. Kerjakanlah soal-soal yang ada dibawahnya dengan tepat.
Soal
1. Hitunglah berapa jumlah
rusuk bangun tersebut!
2. Sebutkan
rusuk-rusuknya!
3. Hitunglah berapa jumlah
sisi bangun
tersebut!
4. Sebutkan saja sisi-sisinya!
5. Sebutkan bagian
atap bangun tersebut!
6. Sebutkan
alas bangun
tersebut!
7. Bangun
diatas dinamakan
bangun?
Kunci Jawaban LKPD 1
No |
Jawaban |
skor |
1. |
15 rusuk |
1 |
2. |
Jawaban
lengkap : AB, BC, CD, DE, EF, FA,
AG, BH, CI, DJ,
EK, FL, GH, HI, IJ, JK, KL, LG Jika Menjawab 1-3 4-6 7-9 10-12 13-15 16-18 |
1 2 3 4 5 6 |
3 |
8 sisi |
1 |
4 |
Jawaban lengkap: ABGH, BCIH, CDIJ, DEJK, EFKL, FALG, GHIJKL, ABCDEF Jika Menjawab 1-2 3-4 5-6 7-8 |
1 2 3 4 |
5 |
GHIJKL |
1 |
6 |
ABCDEF |
1 |
7 |
Prisma segienam |
1 |
Total skor |
15 |
Nilai = �� ��𝑎ℎ ���� ������ ��� x 1
���� ����������
Penilaian
pengetahuan
Kisi-kisi soal Evaluasi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Indikator Soal |
Ranah |
Penilaian |
Bobot soal |
No soal |
||
Teknik |
Jenis |
Bentuk |
||||||
3.6 Membandingkan prisma, tabung,limas,
kerucut, dan bola |
3.6.1 Mengidentifikai Ciri-ciri Prisma 3.6.2 Mengidentifikai Sifat-sifat Prisma |
3.6.1.1 disajikan gambar
prisma segitiga siswa dapat menyebutkan 3
ciri-ciri prisma segitiga |
C1 |
Tes |
Tertulis |
Uraian |
3 |
1 |
3.6.1.2 Disediakan sebuah gambar prisma siswa mampu menentukan 2 sisi prisma |
C4 |
Tes |
Tertulis |
Uraian |
2 |
2 |
||
3.6.1.3 Disediakan sebuah gambar prisma siswa mampu
menentukan 3 titik sudut
prisma |
C4 |
Tes |
Tertulis |
Uraian |
3 |
3 |
||
3.6.2.1
Disajikan gambar
prisma
siswa dapat
menyebutkan 3
rusuk
tegak
berdasarkan gambar yang disajikan |
C1 |
Tes |
Tertulis |
Uraian |
3 |
4 |
||
3.6.2.2
Disajikan
gambar prisma siswa
mampu menentukan
bentuk alas dan
atap yang konruen pada prisma |
C4 |
Tes |
Tertulis |
Uraian |
4 |
5 |
Soal Evaluasi
Satuan Pendidikan : SDN Gebangsari 02
Kelas/Semester : V (lima)/II (dua)
Sub bab : Jaring-jaring kubus
Hari/Tanggal : .............../..........................
Petunjuk soal
A.
Kerjakan
soal-soal dibawah ini dengan benar!
1.
Nama : …………………
Kelas : …………………
Berdasarkan
gambar diatas, sebutkan tiga ciri-cirinya( jumlah sisi,
rusuk dan titik sudut)!
2. Berdasarkan gambar nomor
1 tentukanlah 2 sisi prisma tersebut
3. Berdasarkan
gambar nomor
1 tentukanlah 3 titk
sudut prisma tersebut!
4.
Berdasarkan gambar diatas, sebutkan 3 rusuk tegak prisma sesuai dengan gambar tersebut!
5. Berdasarkan
gambar nomor
4 tentukanlah atap
dan
alas prisma yang disesuaikan!
Kunci jawaban
Evaluasi
No |
Jawaban |
skor |
1. |
Mempunyai 8 rusuk Mempunyai 5 sisi Mempunyai 6 titik
sudut |
1 1 1 |
2. |
Sisi prima ABC, DEF, ABED, BCEF dan ACDF Jika menjawab 1 Sisi 2 sisi |
2 2 |
3. |
Titik sudut A,
B, C, D, E, F Jika menjawab 1 titik sudutP 2 titik sudut 3 titik sudut |
1 1,5 2 |
4. |
Rusuk tegak: AG, BH, CI, DJ, EK, dan FL Jika menjawab 1 rusuk tegak 2 rusuk tegak 3 rusuk tegak |
1 2 3 |
5. |
Atap GHIJKL Alas ABCDEF |
2 2 |
Total Skor |
15 |
Penilaian
Nilai = �� ����ℎ ���� ����� ���ℎ ×
100
������ ����
Penilaian
Sikap
Satuan Pendidikan : SD Negeri Sodong 02
Kelas/Semester : VI / I
Materi pokok : sifat-sifat dan ciri-ciri prisma
a. Penilaian
Spiritual
No |
Nama |
Perilaku yang diamati |
Skala akhir/ predikat |
|||
Ketaatan beribadah |
Perilaku syukur |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
Toleransi
dalam beribadah |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
sikap
spiritual
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Kurang |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Ketaatan beribadah |
Selalu taat beribadah |
Sering taat dalam
beribadah |
Kadangkadang
taat beribadah |
Tidak taat
dalam beribadah |
Perilaku syukur |
Selalu menunjukkan rasa syukur |
Sering menunjukkan
rasa syukur |
Kadangkadang menunjukkan
rasa syukur |
Tidak bersyukur |
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan
kegiatan |
Selalu melakukan doa
sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
Sering berdoa sebelum dan
sesudah
melakukan kegiatan |
Kadangkadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
Tidak berdoa
sebelum
dan sesudah melakukan
kegiatan |
Toleransi dalam
beribadah |
Selalu menunjukkan sikap
toleransi dalam
beribadah |
Sering menunjukkan
sikap toleransi
dalam beribadah |
Kadangkadang menunjukkan
sikap toleransi
dalam beribadah |
Tidak menunjukkan sikap toleransi
dalam beribadah |
b. Penilaian Sikap
Sosial
No |
Nama siswa |
Sumber penilaian |
Skala / predikat |
|||||||||||||||
Observa si |
Penilaian
diri |
Antar teman |
Jurnal |
|||||||||||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
sikap
sosial
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Kurang 1 |
Jujur |
Tindakan selalu sesuai dengan ucapan |
Tindakan
kadangkadang
sesuai dengan
ucapan |
Tindakan
kurang sesuai dengan
ucapan |
Tindakan
tidak sesuai
dengan ucapan |
Disiplin |
Mampu menjalankan aturan dengan kesadaran
sendiri |
Mampu menjalankan
aturan dengan
pengarahan
guru |
Kurang
mampu menjalankan
aturan |
Belum mampu menjalankan
aturan |
Tanggung Jawab |
Tertib mengikuti instruksi dan
selesai tepat
waktu |
Tertib mengikuti instruksi,
selesai tidak
tepat waktu |
Kurang
tertib
mengikuti instruksi,
selesai tidak
tepat waktu |
Tidak tertib
dan
tidak menyelesaikan tugas |
Santun |
Berbahasa
positif dan
bersikap sopan |
Berbahasa positif tapi bersikap kurang sopan |
Berbahasa negative dan bersikap kurang sopan |
Berbahasa negative dan tidak sopan |
Peduli |
Selalu care/empati dengan lingkungan sekitar dan temannya |
Sering care /empati dengan
lingkungan sekitar dan temannya |
Kadangkadang care /empati dengan
lingkungan dan temannya |
Belum / tidak care/empati dengan lingkungan
dan
temannya |
Percaya diri |
Tidak terlihat ragu-ragu |
Terlihat raguragu |
Memerlukan bantuan guru |
Belum menunjukkan kepercayaan
diri |
Penilaian
Psikomotor
Satuan Pendidikan : SD Negeri Sodong 02
Kelas/Semester : VI
/ I
Materi pokok : Ciri-ciri dan sifat-sifat prisma
Kompetensi Dasar |
Indikator |
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas,
kerucut, dan bola |
4.6.1 Menggambar
prisma berdasrkan ciri-ciri yang
telah diketahui 4.6.2 menentukan sifat-sifat
dan ciri-ciri prisma berdasarkan
gambar yang disajikan |
1. Rubrik Penilaian
Psikomotor
Kriteria |
Baik sekali |
baik |
Cukup |
Butuh bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Menyiapkan alat
dan bahan |
Bila alat dan bahan
lengkap
sesuai
dengan LKPD |
bila alat dan bahan disiapkan tetapi
kurang lengkap |
Bila alat dan bahan
disiapkan oleh
guru/teman yang lain
tetapi ikut
menentukan
alat dan bahan |
Bila tidak menyiapkan alat
dan bahan hanya pasif,
menunggu teman lain yang
menyiapkan |
Menggambar |
Bila prisma
yang
digambar
Mempunyai
sisi
sebanyak 7, Memiliki titik
sudut sebanyak 10, Memiliki rusuk sebanyak 15, Memiliki diagonal
sisi
sebanyak
10 |
Jika hanya terpenuhi
3 aspek dari 4 aspek |
Jika hanya terpenuhi
2 aspek dari 4 aspek |
Jika hanya terpenuhi
1 aspek dari 4 aspek |
|
|
|
|
|
Menentukan
hasil kegiatan |
Jika menggambar dan dapat
menentukan
bangun prisma dengan
benar |
Jika menggambar, belum dapat menentukan
bangun prisma dengan
benar |
Jika
hanya ikut mengamati dan
menggambar dengan
benar |
Jika hanya menyalin
hasil gambar dari
teman lain |
No |
Nama |
Kriteria 1 |
Kriteria 2 |
Kriteria 1 |
Total skor |
Nilai akhir |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Skor Maksimal = 3 x 4 =
12
Nilai = ����𝑎 ℎ � ��� ��� 𝑎�𝑎 � x 10
���� �𝑎����𝑎�
3. Penentuan
Kriteria
a. Skor 8,6 – 10 = dapat ditetapkan sangat kompeten
b. Skor 6,6 – 8,5 = dapat ditetapkan
kompeten
c. Skor 4,6 – 6,5 = dapat ditetapkan cukup kompeten
d. Skor 3 – 4,5 = dapat ditetapkan
tidak kompeten
No comments:
Post a Comment