Monday, September 14, 2020

Bahan ajar kelas 5 Bangun Ruang

 

Satuan pendidikan    : SDN Sodong 02

Kelas/Semester        : 5 (lima)/ I (Satu)

 

Bab/Sub bab             : 3. bangun Ruang sederhana/

 

1.   Sifat-sifat Prisma

2.   ciri-ciri prisma

 

 

Alokasi Waktu         : 2 × 35 menit

 

 

A. Kompetensi Inti

 

1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

 

2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

 

 

Kompetensi Dasar                                                             Indikator


3.6 Membandingkan prisma, tabung,limas, kerucut, dan bola


3.6.1 Mengidentifikai Ciri-ciri Prisma

 

3.6.2 Mengidentifikai Sifat-sifat  Prisma


 

4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola


4.6.1 Menggambar prisma berdasrkan ciri-ciri yang telah diketahuai

4.6.2 menentukan sifat-sifat  prisma berdasarkan gambar yang disajikan


 

 

 

 

 

BAHAN AJAR

 

A.  Prisma

a.   Pengertian Prisma

 

 

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang sejajar. Dua bidang sejajar itu dinamakan bidang alas dan bidang atas. Perhatikan gambar berikut:

Gambar 2.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada gambar 2.1 menunjukkan contoh bangun ruang prisma. Bangun- bangun ruang tersebut mempunyai bidang alas dan bidang atas yang sejajar dan kongruen. Sisi lainnya berupa sisi tegak berbentuk jajargenjang atau persegi panjang yang tegak lurus ataupun tidak tegak lurus terhadap bidang alas dan bidang atasnya. Bangun seperti itu dinamakan prisma . Berdasarkan bentuk alasnya, terdapat prisma segitiga, prisma  segi empat, prisma segi lima, dan seterusnya. Jika alasnya berupa segi n beraturan maka disebut prisma segi n beraturan.

 

b.   Macam-macam prisma

Jenis prisma bermacam-macam sesuai dengan bentuk alas dan atapnya.Misalnya adalah prisma segiempat (biasa disebut kubus/balok), prisma segitiga, prisma lingkaran (tabung), prisma trapesium dan prisma segi-n(sesuai jumlah sisinya)


 

 

c.   Unsur-unsur Prisma

 

Gambar 2.2

 

 

Perhatikan gambar  prisma tegak segitiga ABC.DEF berikut: Gambar 2.3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.    Titik A, B, C, D, E, dan F adalah titik sudut prisma

 

2.    ABC adalah bidang atas prisma.

 

3.    DEF adalah bidang alas prisma.

 

4.    Bidang ACFD, BCFE, dan ABED adalah sisi tegak prisma.

 

5.    Memiliki 9 rusuk AD, BE, AB,AC, BC, DE, EF, DF, CF

 

6.    Ada 6 diagonl sisi yaitu AF, CD, BF, CE, AE, BD


d.   Ciri-ciri Prisma

 

 

Berdasarkan gambar di atas, diperoleh ciri-ciri prisma tegak segitiga sebagai berikut:

 

 

1.  Memiliki 6 buah titik sudut, yaitu titik A, B, C, D, E, dan F

2.  Memiliki 5 buah sisi, yaitu sisi ABC, DEF, ABED, BCFE, dan ACFD

3.  Memiliki 9 buah rusuk, yaitu AB, BC, AC, DE, EF, FD, AD, BE, dan CF

4.  Memiliki 6 buah diagonal sisi, yaitu AE, BD, BF, CE, CD, dan AF

5.  Tidak memiliki diagonal ruang

 

 

Secara umum, ciri-ciri prisma segi-n dapat ditentukan sebagai berikut :

1.   Mempunyai sisi sebanyak n+2

2.   Memiliki titik sudut sebanyak 2n

3.   Memiliki rusuk sebanyak 3n

4.   Memiliki diagonal sisi sebanyak 2n

5.   Memiliki diagonal ruang sebanyak n(n+3)

 

 

 

e.   Sifat-Sifat Prisma

 

 

1.   Prisma memiliki bentuk alas dan atap yang kongruen.

2.   Setiap sisi bagian samping prisma berbentuk persegi panjang.

3.   Prisma memiliki rusuk tegak. Dalam   kondisi lain, ada juga prisma yang rusuknya tidak tegak, prisma tersebut disebut prisma sisi miring.

4.   Setiap diagonal bidang pada sisi yang sama memiliki ukuran yang sama.


PENILAIAN

 

1.    Penilai sikap spiritual

a.   Teknik penilaian       : Nontes

b.   Jenis penilaian           : Penilaian sikap c.   Bentuk penilaian       : Rubrik

d.   Instrumen penilaian : Lembar skala sikap

e.   Sikap yang dinilai     : Perilaku syukur dan berdo’a

 

 

2.    Penilaian sikap spiritual dan sosial a.   Teknik penilaian       : Nontes

b.   Jenis penilaian           : Penilaian sikap c.   Bentuk penilaian       : Rubrik

d.   Instrumen penilaian : Lembar skala sikap

e.   Sikap yang dinilai     : Kerjasama, cermat, percaya diri

 

 

3.    Penilaian pengetahuan

a.   Teknik penilain         : Tes

b.   Jenis penilaian           : Tertulis c.   Bentuk penilaian       : Uraian

d.   Instrumen penilaian : Lembar evaluasi

 

 

4.    Penilaian keterampilan

a.   Teknik penilaian       : Nontes

b.   Jenis penilaian           : Unjuk kerja c.   Bentuk penilaian       : Rubrik

d.   Instrumen penilaian  : Lembar Pengamatan


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK  1

 

MENGENAI CIRI-CIRI PRISMA

 

Kelas             : VI Semester        : I

Tanggal         :


Nama anggota kelompok

1....................................

 

2. ...................................

 

3………………………


 

 

Sub bab : Sifat-sifat dan ciri-ciri prisma

Tujuan  : Dengan disebutkkan ciri-ciri suatu prisma, siswa dapat menggambar prisma sesuai ciri- ciri dengan tepat.

 

Petunjuk!

 

1.   Perhatikan ciri-ciri prisma dibawah ini

2.   Dari ciri-ciri tersebut, gambarlah sebuah prisma yang sesuai dengan ciri-ciri

3.   Siapkan alat dan bahan yang diperlukan yaitu pensil dan penggaris.

4.   Gambarlah prisma pada bagian yang telah disediakan.

 

 

 

Ciri-ciri prisma

 

6.     Mempunyai sisi sebanyak 7

7.     Memiliki titik sudut sebanyak 10

8.     Memiliki rusuk sebanyak 15

9.     Memiliki diagonal sisi sebanyak 10

 

 

        Gambarlah bentuk prisma tersebut dengan menggunakan penggaris dalam kotak dibawah ini!


 

 

Skor

 

1.   Rubrik Penilaian

a.   Menyiapkan alat dan bahan

 

Skor

Kriteria

1

Bila tidak menyiapkan alat dan bahan hanya pasif, menunggu teman  lain

yang menyiapkan

2

Bila  alat  dan  bahan  disiapkan  oleh  guru/teman  yang  lain  tetapi  ikut

menentukan alat dan bahan

3

bila alat dan bahan disiapkan tetapi kurang lengkap

4

Bila alat dan bahan lengkap sesuai dengan LKS

 

b.   Menggambar

 

 

Skor

Kriteria

1

Jika hanya terpenuhi 1 aspek dari 4 aspek

2

Jika hanya terpenuhi 2 aspek dari 4 aspek

3

Jika hanya terpenuhi 3 aspek dari 4 aspek

4

Bila prisma yang digambar Mempunyai sisi sebanyak 7, Memiliki titik sudut sebanyak 10, Memiliki rusuk sebanyak 15, Memiliki diagonal sisi sebanyak

10

 

c.   Menentukan Hasil Kegiatan

 

Skor

Kriteria

1

Jika hanya menyalin hasil gambar dari teman lain

2

Jika hanya ikut mengamati dan menggambar dengan benar

3

Jika menggambar, belum dapat menentukan bangun prisma dengan benar

4

Jika menggambar dan dapat menentukan bangun prisma dengan benar


2. Skor Maksimal = 3 x 4 = 12

Nilai =  ��𝑎      �� 𝑎�𝑎     x 10

𝑎�

 

3. Penentuan Kriteria

a. Skor 8,6 – 10 = dapat ditetapkan sangat kompeten b. Skor 6,6 – 8,5 = dapat ditetapkan kompeten

c. Skor 4,6 – 6,5 = dapat ditetapkan cukup kompeten d. Skor 3 – 4,5 = dapat ditetapkan tidak kompeten


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK  2

 

MENGENAI CIRI-CIRI PRISMA

 

Kelas             : VI Semester        : II

Tanggal         :


Nama anggota kelompok

1....................................

 

2. ...................................

 

3…………………………………….


 

 

Indikator : 4.6.2 Menentukan sifat-sifat prisma berdasarkan gambar yang disajikan.

Tujuan  : Dengan disajikan gambar prisma siswa dapat menentukan sifat-sifat prisma berdasarkan gambar yang disajikan dengan benar

 

Petunjuk!

 

5.   Tulislah nama anggota kelompok pada kolom yang disediakan

6.   Perhatikan gambar prisma di bawah ini.

7.   Kerjakanlah soal-soal yang ada dibawahnya dengan tepat.

 

 

Soal

 

1.   Hitunglah berapa jumlah rusuk bangun tersebut!

2.   Sebutkan rusuk-rusuknya!

3.   Hitunglah berapa jumlah sisi bangun tersebut!

4.   Sebutkan  saja sisi-sisinya!

5.   Sebutkan bagian atap bangun tersebut!

6.   Sebutkan alas bangun tersebut!

7.   Bangun diatas dinamakan bangun?


Kunci Jawaban LKPD 1

 

No

Jawaban

skor

1.

15 rusuk

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Jawaban lengkap : AB, BC, CD, DE, EF, FA,  AG, BH,

CI, DJ, EK, FL, GH, HI, IJ, JK, KL, LG

 

 

 

Jika Menjawab

 

1-3

 

4-6

 

7-9

 

10-12

 

13-15

 

16-18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

3

8 sisi

1

 

 

 

 

 

 

 

4

Jawaban lengkap: ABGH, BCIH, CDIJ, DEJK, EFKL,

FALG, GHIJKL, ABCDEF

 

 

 

Jika Menjawab

 

1-2

 

3-4

 

5-6

 

7-8

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

2

 

3

 

4

5

GHIJKL

1

6

ABCDEF

1

7

Prisma segienam

1

Total skor

15

 

 

 

 

 

 

Nilai =   𝑎  ��  ���     x 1

�� ��


 

Penilaian pengetahuan

 

Kisi-kisi soal Evaluasi

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

 

 

Indikator

 

 

 

Indikator Soal

 

 

 

Ranah

 

Penilaian

 

 

Bobot soal

 

 

No soal

 

Teknik

 

Jenis

 

Bentuk

 

3.6

Membandingkan

prisma, tabung,limas, kerucut, dan bola

3.6.1

Mengidentifikai

Ciri-ciri Prisma

 

 

 

3.6.2

Mengidentifikai

Sifat-sifat  Prisma

3.6.1.1 disajikan gambar  prisma segitiga

siswa   dapat      menyebutkan   3   ciri-ciri prisma segitiga

 

 

C1

 

 

Tes

 

 

Tertulis

 

 

Uraian

 

 

3

 

 

1

3.6.1.2 Disediakan sebuah gambar prisma

siswa mampu menentukan 2 sisi prisma

 

 

C4

 

 

Tes

 

 

Tertulis

 

 

Uraian

 

 

2

 

 

2

3.6.1.3 Disediakan sebuah gambar prisma

siswa  mampu  menentukan  3  titik  sudut prisma

 

 

C4

 

 

Tes

 

 

Tertulis

 

 

Uraian

 

 

3

 

 

3

3.6.2.1  Disajikan  gambar  prisma  siswa

dapat    menyebutkan    3    rusuk    tegak berdasarkan gambar yang disajikan

 

 

C1

 

 

Tes

 

 

Tertulis

 

 

Uraian

 

 

3

 

 

4

 

3.6.2.2 Disajikan gambar prisma siswa mampu menentukan bentuk alas dan atap yang konruen pada prisma

 

 

C4

 

 

Tes

 

 

Tertulis

 

 

Uraian

 

 

4

 

 

5


 

 

Soal Evaluasi

 

 


Satuan Pendidikan      : SDN Gebangsari 02

Kelas/Semester           : V (lima)/II (dua) Sub bab                       : Jaring-jaring kubus Hari/Tanggal              : .............../..........................

 

 

 

Petunjuk soal

A.  Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan benar!

 

 

 

1.


Nama : …………………

 

Kelas : …………………


Berdasarkan gambar diatas, sebutkan tiga ciri-cirinya( jumlah sisi, rusuk dan titik sudut)!

 

 

2.   Berdasarkan gambar nomor 1 tentukanlah 2 sisi prisma tersebut

3.   Berdasarkan gambar nomor 1 tentukanlah 3 titk sudut prisma tersebut!

4.

 

Berdasarkan gambar diatas, sebutkan 3 rusuk tegak prisma sesuai dengan gambar tersebut!

5.   Berdasarkan gambar nomor 4 tentukanlah atap dan alas prisma yang disesuaikan!

 

Kunci jawaban Evaluasi


 

 

 

No

Jawaban

skor

 

 

 

1.

Mempunyai 8 rusuk

 

Mempunyai 5 sisi

 

Mempunyai 6 titik sudut

1

 

1

 

1

 

 

 

 

2.

Sisi prima ABC, DEF, ABED, BCEF dan ACDF

 

Jika menjawab

 

1 Sisi

 

2 sisi

 

 

 

 

 

2

 

2

 

 

 

 

3.

Titik sudut A, B, C, D, E, F

 

Jika menjawab

 

1 titik sudutP

 

2 titik sudut

 

3 titik sudut

 

 

 

 

1

 

1,5

 

2

 

 

 

 

4.

Rusuk tegak: AG, BH, CI, DJ, EK, dan FL

 

Jika menjawab

 

1 rusuk tegak

 

2 rusuk tegak

 

3 rusuk tegak

 

 

 

 

1

 

2

 

3

 

5.

Atap GHIJKL

 

Alas ABCDEF

2

 

2

Total Skor

15

 

 

 

 

Penilaian

Nilai =    ��    × 100

 ��


Penilaian Sikap

 

 

 

Satuan Pendidikan       : SD Negeri Sodong 02

Kelas/Semester             : VI / I

Materi pokok                : sifat-sifat dan ciri-ciri prisma

 

 

 

a.   Penilaian Spiritual

 

 

 

 

 

No

 

 

 

 

Nama

 

Perilaku yang diamati

 

 

 

 

Skala akhir/

predikat

 

 

Ketaatan beribadah

 

 

Perilaku syukur

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

 

Toleransi dalam beribadah

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian sikap spiritual

 

 

 

Kriteria

 

Baik sekali

 

Baik

 

Cukup

 

Kurang

4

3

2

1

Ketaatan beribadah

Selalu taat beribadah

Sering taat dalam beribadah

Kadangkadang taat

beribadah

Tidak  taat dalam beribadah

Perilaku syukur

Selalu menunjukkan rasa syukur

Sering menunjukkan rasa syukur

Kadangkadang menunjukkan rasa syukur

Tidak bersyukur


 

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Selalu melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Kadangkadang berdoa

sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Tidak   berdoa sebelum    dan sesudah melakukan kegiatan

Toleransi dalam beribadah

Selalu menunjukkan sikap toleransi dalam beribadah

Sering menunjukkan sikap toleransi dalam beribadah

Kadangkadang menunjukkan sikap toleransi dalam beribadah

Tidak menunjukkan

sikap toleransi dalam beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian  Sikap Sosial

 

 

 

 

No

 

 

Nama siswa

 

Sumber penilaian

 

 

Skala /

predikat

 

Observa si

Penilaian diri

Antar teman

 

Jurnal

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian sikap sosial

 

 

 

Kriteria

Baik sekali

 

4

Baik

 

3

Cukup

 

2

Kurang

 

1

Jujur

Tindakan     selalu sesuai dengan ucapan

Tindakan kadangkadang sesuai dengan ucapan

Tindakan kurang sesuai dengan ucapan

Tindakan tidak

sesuai  dengan ucapan

Disiplin

Mampu menjalankan aturan dengan kesadaran sendiri

Mampu

 

menjalankan aturan dengan pengarahan guru

Kurang mampu

menjalankan aturan

Belum       mampu

 

menjalankan aturan

Tanggung

 

Jawab

Tertib mengikuti instruksi dan selesai  tepat waktu

Tertib mengikuti instruksi, selesai tidak tepat waktu

Kurang  tertib mengikuti instruksi, selesai    tidak tepat waktu

Tidak tertib dan tidak menyelesaikan tugas

Santun

Berbahasa   positif dan bersikap

sopan

Berbahasa positif tapi bersikap kurang sopan

Berbahasa negative dan bersikap kurang sopan

Berbahasa negative dan tidak sopan


 

Peduli

Selalu care/empati dengan

lingkungan sekitar dan temannya

Sering     care

/empati dengan lingkungan sekitar      dan temannya

Kadangkadang care /empati dengan lingkungan

dan temannya

Belum     /     tidak

 

care/empati dengan

lingkungan      dan temannya

Percaya diri

Tidak  terlihat ragu-ragu

Terlihat raguragu

Memerlukan bantuan guru

Belum menunjukkan kepercayaan diri


Penilaian Psikomotor

 

 

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Sodong 02

Kelas/Semester           : VI / I

Materi pokok             : Ciri-ciri dan sifat-sifat prisma

 

Kompetensi Dasar

Indikator

 

4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola

4.6.1  Menggambar  prisma  berdasrkan  ciri-ciri  yang telah diketahui

 

 

 

4.6.2   menentukan   sifat-sifat   dan   ciri-ciri   prisma berdasarkan gambar yang disajikan

 

 

1.   Rubrik Penilaian Psikomotor

 

 

Kriteria

Baik sekali

baik

Cukup

Butuh bimbingan

4

3

2

1

 

 

 

 

Menyiapkan alat dan bahan

Bila     alat     dan

bahan lengkap sesuai dengan LKPD

bila alat dan bahan

disiapkan     tetapi kurang lengkap

Bila     alat     dan

bahan disiapkan oleh guru/teman yang lain tetapi ikut menentukan alat dan bahan

Bila              tidak

menyiapkan alat dan bahan hanya pasif, menunggu teman   lain yang menyiapkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menggambar

Bila  prisma  yang digambar Mempunyai    sisi sebanyak           7, Memiliki       titik sudut     sebanyak

10,         Memiliki rusuk     sebanyak

15,         Memiliki

diagonal          sisi sebanyak 10

Jika             hanya

terpenuhi 3 aspek dari 4 aspek

Jika             hanya

terpenuhi 2 aspek dari 4 aspek

Jika             hanya

terpenuhi 1 aspek dari 4 aspek


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menentukan hasil kegiatan

Jika  menggambar

dan              dapat menentukan bangun      prisma dengan benar

Jika menggambar,

belum          dapat menentukan bangun      prisma dengan benar

Jika   hanya   ikut

mengamati     dan menggambar dengan benar

Jika             hanya

menyalin hasil gambar  dari teman lain

 

 

 

 

No

 

 

Nama

 

Kriteria 1

 

Kriteria 2

 

Kriteria 1

Total

skor

Nilai

akhir

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Skor Maksimal = 3 x 4 = 12

Nilai =  ��𝑎      �� 𝑎�𝑎     x 10

𝑎�𝑎�

 

3. Penentuan Kriteria

a. Skor 8,6 – 10 = dapat ditetapkan sangat kompeten b. Skor 6,6 – 8,5 = dapat ditetapkan kompeten

c. Skor 4,6 – 6,5 = dapat ditetapkan cukup kompeten d. Skor 3 – 4,5 = dapat ditetapkan tidak kompeten

No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...