RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Sodong 02
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Bab 5 : Debit, volume dan Waktu
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam (1 Pertemuan 3
JP)
Tujuan Pembelajaran
Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru , membaca materi dan melakukan percobaan dari
guru siswa dapat memahami pengertian Volume, waktu, Debit, menganalisis satuan
volume, satuan waktu satuan debit, dan menjelaskan hubungan antara volume, waktu dan Debit dengan baik.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan (10menit)
Guru
mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran, menyanyikan
lagu Indonesia Raya, menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
tentang Debit, volume dan Waktu, Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan dan Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Kegiatan Inti (@50 menit)
Guru
menampilkan gambar sesorang yang sedang mengisi air di galon, Guru menjelaskan
mengenai proses masuknya air galon yang berkaitan dengan volume waktu dan
debit, Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang terdiri atas
3-4 anggota. Guru mendampingi peserta didik dalam melakukan beberapa hal yang
diperhatikan dalam langkah kegiatan LKPD, Guru membimbing peserta didik dalam
menentukan hasil bagi antara Volume dan waktu, Guru mendampingi peserta didik
untuk menyebutkan rumus Debit dan cara menghitungnya. Guru mengarahkan peserta
didik untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Debit, Volume dan
waktu, Anggota kelompok menyusun laporan
mengenai LKPD yang telah dibuat, Guru mengarahkan peserta
didik untuk menceritakan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.
Kegiatan penutup (10menit)
Membuat kesimpulan pelajaran
hari ini, Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Volume, waktu dan Debit, Guru melakukan evaluasi tentang Volume,
waktu dan Debit, serta menugaskan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya. Guru menginformasikan
materi selanjutnya, Guru
memerintahkan salah satu siswa memimpin berdo’a.
Penilaian
Penilai sikap (spiritual dan sosial), Penilaian
Pengetahuan (tes tertulis), penilaian keterampilan (unjuk kerja)
Mengetahui Kepala Sekolah, Marmin, S.Pd.SD. NIP. 19660423 199003 1 008 |
Batang, 2020 Guru Matematika Kelas 5, Tim Guru Kelas 5 NIP. |
No comments:
Post a Comment