Monday, September 14, 2020

Contoh RPP 1 Lembar (Matematika)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan          :     SDN Sodong 02

Mata Pelajaran                 :     Matematika

Kelas / Semester              :     V (Lima) / 1

Bab 5                               :     Debit, volume dan Waktu

Alokasi Waktu                :     4 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)

 

 

Tujuan Pembelajaran

Dengan mendengarkan penjelasan dari guru , membaca materi dan melakukan percobaan dari guru siswa dapat memahami pengertian Volume, waktu, Debit, menganalisis satuan volume, satuan waktu satuan debit, dan menjelaskan hubungan antara volume, waktu dan Debit  dengan baik.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pendahuluan (10menit)

Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Debit, volume  dan Waktu,  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan dan Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Kegiatan Inti (@50 menit)

Guru menampilkan gambar sesorang yang sedang mengisi air di galon, Guru menjelaskan mengenai proses masuknya air galon yang berkaitan dengan volume waktu dan debit, Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota. Guru mendampingi peserta didik dalam melakukan beberapa hal yang diperhatikan dalam langkah kegiatan LKPD, Guru membimbing peserta didik dalam menentukan hasil bagi antara Volume dan waktu, Guru mendampingi peserta didik untuk menyebutkan rumus Debit dan cara menghitungnya. Guru mengarahkan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Debit, Volume dan waktu, Anggota kelompok menyusun laporan mengenai LKPD yang telah dibuat, Guru mengarahkan peserta didik untuk menceritakan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain.

Kegiatan penutup (10menit)

Membuat kesimpulan pelajaran hari ini, Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Volume, waktu dan Debit, Guru melakukan evaluasi tentang Volume, waktu dan Debit, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya. Guru menginformasikan materi selanjutnya, Guru memerintahkan salah satu siswa memimpin berdo’a.

Penilaian

Penilai sikap (spiritual dan sosial), Penilaian Pengetahuan (tes tertulis), penilaian keterampilan (unjuk kerja)

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

Marmin, S.Pd.SD.

NIP. 19660423 199003 1 008

Batang,                  2020

Guru Matematika Kelas 5,

 

 

 

 

Tim Guru Kelas 5

NIP.

 


No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...