RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN Sodong
02
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan
: PPKn
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
1.1
|
Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.1
|
Mengamalkan nilia-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.1
|
Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air,
dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
|
2.1.1
|
Menerapkan sikap-sikap
yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila
secara tepat.
|
3.1
|
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1
|
Menunjukkan Nilai-nilai pancasila yang tedapat dalam lingkungan
sekitar.
|
4.1
|
Menyajikan hasil
identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1.1
|
Membuat laporan tentang
nilai-nilai pancasila yang tedapat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Muatan
: IPS
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1
3.1.2
|
Mencari pengaruh ekonomi, sosial dan budaya
terhadap letak geografis Indonesia
Menunjukkan perubahan alam yang di sebabkan
oleh perilaku manusia.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
|
4.1.1
4.1.2
|
Menuliskan tentang
perilaku manusia yang mempengaruhi Perubahan alam.
Menggambar letak
geografis tempat tinggal Mains-masing sesuai peta.
|
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran
dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1
|
Meyebutkan ide pokok yang tedapat pada teks bacaan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks
tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan
visual.
|
4.1.1
|
Menuliskan ide pokok yang did apat dari teks.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati teks, siswa mampu
mengidentifikasi sikap-sikap yang
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara
tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa mampu menganalisa
sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri.
- Dengan membaca teks, siswa menemukan contoh
perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara benar.
- Dengan membaca dan menulis, siswa mampu
menentukan ide pokok dari teks secara benar.
D.
MATERI
- Perilaku
yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila
- Perilaku yang menyebabkan perubahan alam.
- Kondisi Geografi negara indonesia.
- peta indonesia.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Kelas dimulai dengan dibuka
dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang
paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/
berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia,
kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi
. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
·
Pada awal pembelajaran, guru menstimulus
ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi tentang contoh
perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila,
yakni membantu orang yang membutuhkan.
·
Secara interaktif, guru memberikan
penjelasan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya dan memberikan pendapat.
Catatan:
·
Berikan
umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya
keterampilan mengemukakan pendapat.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
termotivasi untuk belajar lebih jauh.
-
Siswa
dapat mengidentifikasi nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila
-
Keterampilan
mengidentifikasi.
·
Pada
kegiatan Ayo Membaca, siswa membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung
dalam sila-sila Pancasila.
Alternatif kegiatan membaca
1.
Alternatif
1: Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
30 Buku Guru SD/MI Kelas V
2.
Alternatif
2: Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan teks tersebut dan meminta siswa
lain menyimak.
3.
Alternatif
3: Teks tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
4.
Setelah
membaca, siswa menemukan dan menuliskan ide pokok tiap paragraf.
Alternatif
jawaban
Hasil yang diharapkan
A. Ayo
Berdiskusi
·
Siswa
diminta menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan
mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih
para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan
lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi.
Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk
didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang
terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan
oleh peserta diskusi. Notulis
juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya
berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru
mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk
menarik kesimpulan.
Catatan:
·
Berikan
umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan
berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
·
Kegiatan
ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat kedalaman
dan kebenaran jawaban siswa serta kelengkapannya.32 Buku Guru SD/MI Kelas V
Alternatif Jawaban
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
mampu menyebutkan contoh sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.
-
Siswa
mampu bekerja sama, menghargai pendapat orang lain,dan berani mengemukakan
pendapatnya.
B. Ayo
Menulis
·
Kegiatan
Ayo Menulis, siswa menuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang
sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
·
Siswa
bisa memperhatikan perilaku orang-orang di sekitarnya, baik di sekolah,
rumah, maupun masyarakat.
Alternatif Jawaban
1. Sikap yang sesuai dengan sila 1, tidak memaksakan agama
kepada orang lain, rajin beribadah, memberikan kesempatan kepada orang lainuntuk
beribadah dan merayakan hari besar keagamaan.
2. Sikap yang sesuai dengan sila 2: tidak
membedakan-bedakan teman dalam bergaul, saling mambantu dan menolong
antarsesama, menjengguk orang sakit.
3. Sikap yang sesuai dengan sila 3: gotong royong, kerja
bakti, mempelajari kesenian dari daerah lain.
4. Sikap yang sesuai dengan sila 4: musyawarah mufakat,
menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapat pribadi kepada
orang lain.
5. Sikap yang sesuai dengan sila ke 5: menghukum kepada
para pelanggar hukum meskipun kepada seorang pejabat.
C. Ayo
Berdiskusi
·
Setelah siswa diminta
membuat daftar kebutuhan anggota keluarganya yang diperoleh dari daerah lain.
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi
1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan
mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih
para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan
lain-lain. Sementara anak-anak yang
lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi.
Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk
didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang
terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan
oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas 34 Buku Guru SD/MI Kelas Vuntuk
membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya
berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru
mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk
menarik kesimpulan.
Alternatif jawaban:
-
Kondisi
geografis Indonesia adalah negara maritim dan kepulauan. Jajaran
pulau-pulaunya terbentang dari Sabang sampai Merauke yang disatukan oleh
laut.
-
Keadaan
alam bangsa indonesia sangat beragam dan bervariasi, mulai dari laut, pantai,
dataran rendah, lembah, bukit, hutan, pegunungan, sampai gunung. Selain itu
juga sangat bervariasi, mulai dari yang curah hujan rendah sampai dengan
curah hujannya sangat tinggi.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
menyebutkan luas dan letak wilayah Indonesia.
-
Siswa
mampu bekerja sama, percaya diri mengungkapkan pendapat, dan menghargai
pendapat orang lain.
D. Ayo
Mencoba
·
Siswa menggambar
peta wilayah RT tempat tinggalnya.]
·
Guru
berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
·
Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap gambar siswa siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
mengenal wilayah tempat tinggalnya.
-
Siswa
mampu menggambar dengan baik sesuai dengan pengamatannya, imajinasi, dan
kreativitasnya.
E. Ayo
Renungkan
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Sikap apa yang
kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan
sehari-hari?
·
Secara
mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman
yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
·
Siswa
mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan
dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menjelaskan
isi informasidari teks tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap alam dan
memberi contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui
pengamatan.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa menindaklanjuti semua kompetensi yang sudah
dipelajari dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya.
F. Kerja
Sama Orang Tua
·
Bersama
dengan orang tua siswa mengamati dan
mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
·
Selesai
melakukan pengamatan, siswa menggambar peta kondisi geografis wilayah tempat
tinggalnya.
·
Untuk
mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagi peran dan tugas dengan orang
tuanya.
Hasil yang diharapkan
-
Mengidentifikasi
kondisi geografis wilayah tempat tinggalnya.
-
Adanya
kerja sama dengan orang tua.
|
140 menit
|
|
||
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
G.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
a)
Teknik Penilaian
1.Penilaian
Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
2.
Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis
3.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
b)
Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri
2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis,
remedial, dan pengayaan pada
buku siswa.
Format
Penilaian
3. Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
a. Mencari ide pokok bacaan
b. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
H.
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
a.
Remedial
Tuliskan
kembali luas dan letak wilayah negara Indonesia
b. Pengayaan
1. Sebutkan
contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara! ......................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apa
dampak positif dari luas dan letak wilayah Indonesia? ......................................................................................................................................................................................................................................................
I.
SUMBER DAN
MEDIA
- Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia,
gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema
1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2014).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk
kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.
- Slide/gambar tentang organ gerak hewan dan manusia.
- Slide materi Kondisi geografis negara indonesia.
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
………………………………
NIP.
…………………………
|
…………………, ...............
Guru
Kelas 5 ,
………………………………
NIP………………………….
|
No comments:
Post a Comment