Wednesday, December 5, 2018

Tips dan Trik di Whatsapp yang belum diketahui banyak orang

Whatsapp sekarang sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita. Kebanyakan orang saat ini tidak bisa memisahkan diri dengan sebuah aplikasi yang bernama whatsapp. Entah apa yang menjadi sebab orang-orang tidak bisa berpisah dengan whatsapp. Mungkin terlalu cinta atau terlalu sayang dengan whatsapp sehingga meraka tidak bisa meninggalkan bahkan melupakan whatsapp. Sekalipun hanya sebentar saja sepertinya terasa berat bagi orang-orang untuk meninggalkan whatsapp. Ini sudah menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa dihindarkan dari manusia saat ini. Whatsapp sudah dijadikan seperti makanan pokok yang tidak bisa terlupakan dimanapun dan kapanpun. Namun selama kita menggunakan whatsapp sudahkah kita tau semua fitur-fitur yang tersedia di aplikasi whatsapp ini ? Kalau belum mari kita ulas bersama-sama rahasia didalam whatsapp yang belum banyak di ketahui oleh orang-orang.

FITUR RAHASIA DI APLIKASI WHATSAPP

1.  MENGATUR HURUF DENGAN BEBAGAI VARIASI


Terkadang kita sering membutuhkan yang namanya penekanan dalam mengetik teks pada aplikasi whatsapp. Misalnya aja untuk menjelaskan nama tempat yang harus dicetak tebal supaya mudah untuk dilihat dan diingat. Tapi di beberapa aplikasi tidak menyediakan format penulisan seperti itu sehingga pengguna harus menggunakan cara lain. Tapi, jangan sedih karena Whatsapp menyediakan trik khusus supaya tulisan kita bisa dicoret, cetak tebal dan dibuat miring.


Untuk huruf tebal caranya cukup dengan mengapit tulisan yang ingin diberi format dengan tanda bintang. Contohnya adalah *cinta*. Kalau yang ingin bercetak miring caranya hampir sama tapi bedanya yaitu diapit dengan tanda underscore seperti ini  _cinta_. Sedangkan untuk yang bermodel coret caranya diapit dengan tanda ~ seperti berikut  ~cinta~.

2. BISA MEMBACK-UP PESAN

Kebanyakan orang memiliki pesan penting yang terdapat pada aplikasi whatsapp. Entah dengan teman, sahabat, pacar atau yang lainnya. Tapi terkadang kita lupa kalau ada yang penting dan enggak sengaja menghapusnya. Sangat disayangkan banget, belum sempat disimpan tapi sudah hilang duluan. Namun, enggak perlu khawatir karena kita bisa kok mengatasi itu dengan jurus jitu yang ada di Whatsapp.


Pertama-tama pilih Setelan kemudian klik menu Chatting. Jika sudah langsung pilih Cadangan Chat atau Chat Backup. Kemudian ada tulisan Cadangkan ke Google Drive atau Back Up to Google Drive lalu pilihlah. Nah, di sana ada beberapa pilihan untuk waktu penyimpanan pesan. Silahkan pilih sesuai kebutuhan. Dengan begitu kalian enggak perlu khawatir lagi kalau ada pesan penting yang terhapus.

3. MENGETAHUI LOKASI TEMAN DENGAN    MUDAH



Terkadang kita ditipu oleh kebohongan masal, semisal lagi OTW nih? Seringkali teman berkata sudah On the way tapi masih bersantai – santai ria, atau kita sendiri yang sering melakukan hal itu?  Yang penting semacam itu” WhatsApp menghadirkan fitur baru Share Locations, untuk mengetahui lokasi dimana kamu berada. Ada satu cara untuk mengetahui kebohongan teman kamu pada saat memberi lokasi, seperti:
 jika yang muncul adalah maps dengan pin merah menancap di lokasi, berarti teman kamu benar-benar menggunakan lokasi GPS aslinya. Namun apabila yang terkirim adalah maps dengan gambar jalan yang terdapat pin merah tepat pada jalan raya tersebut, patut kamu curigai (menulis secara manual lokasi) yang artinya bisa jadi dia bohong.

4. . MENARIK PESAN SAAT SALAH MENULIS 

tips-trik-whatsapp


Salah menulis sebuah  pesan atau typo biasanya menjadi hal yang wajar dan tentunya memalukan bagi kita, hal ini biasanya terjadi ketika kita terburu – buru atau sebagainya. Kali ini WhatsApp menyediakan fitur untuk menarik pesan tersebut, caranya tap chat atau pesan yang salah selama beberapa detik dan hapus. Denga  begitu kita tidak akan malu apabil salah menulis pesan karena pesan tersebut telah kita tarik kembali dan orang yang menerima pesan tersebut tidak bisa membaca pesan yang sudah kita tarik.

5. MENGAMANKAN PESAN KITA AGAR TIDAK DIBACA ORANG LAIN

Biasanya seseorang sering membuka percakapan orang lainnya. Entah mereka kepo atau mau iseng atau bahkan ada maksud lain. Tentunya kita sebagai pemilik hp harus menjaga kerahasiaan chattingan kita terutama dengan pacar kita. Karena apa bila pesan kita terbaca oleh orang lain kemungkinan kita akan merasa malu dan sebagainya. Untuknya di whatsapp menyediakan fitur untuk menyembunyikan pesan tanpa harus menghapus pesan tersebut. Fitur tersebut adalah ARSIP. Carang mengarsipkan pesan tidaklah sulit cukup tekan pesan yang akan diarsipkan kemudian ketuk arsip maka pesan kita akan aman.


Itulah beberapa fitur dari whatsapp yang belum banyak diketahui orang-orang. Semoga artikel diatas bisa membantu teman-teman untuk menggunakan fitur-fitur di whatsapp agar memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh whatsapp. 

No comments:

Post a Comment

zona baca

Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku 3 keluarga besarku pembelajaran 4

BAHAN AJAR Tema                 : 4 Keluargaku Subtema            : 3 Keluarga Besarku Pembelajaran    : 4 Tujuan Pembelajaran Dengan ...